Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Twitter Ramai, Ada Apa dengan #menuju15Mei?

Cuitan warganet kian ramai dengan tagar #menuju15mei. Ternyata, tanggal tersebut menjadi hilal berkah bagi sebagian kalangan.
THR akan cari pada 15 Mei 2020./ilustrasi
THR akan cari pada 15 Mei 2020./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Cuitan wargat Twitter dengan tagar #menuju15mei menjadi populer pada hari ini. Muncul video dan tanda tanya tentang hal yang akan terjadi pada tanggal tersebut.

Ada apa dengan #menuju15mei? Ternyata tanggal ini menjadi tanggal yang paling ditunggu-tunggu oleh pegawai negeri di Indonesia. Sebab pemerintah akan memberikan tunjangan hari hari raya (THR).

Pemerintah akan menyalurkan tunjangan hari raya (THR) senilai Rp29,38 triliun paling lambat pada Jumat, 15 Mei 2020. Pada 15 Mei 2020, menjadi penantian warga Twitter di tengah pandemi virus Corona.

Di tengah defisitnya anggaran pemerintah, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan THR yang akan dikucurkan telah dikoordinasikan dengan satuan kerja (satker) untuk penyalurannya.

Dari total tersebut, THR untuk ASN pusat dan TNI serta Polri mencapai Rp6,77 triliun, THR bagi pensiunan Rp8,078 triliun dan ASN daerah sebesar Rp13,89 triliun.

menuju15mei ada apa dengan 15mei THR cair
menuju15mei ada apa dengan 15mei THR cair

Menkeu Sri Mulyani menyampaikan THR akan cair pada 15 Mei 2020

Namun ingat, tidak semua pegawai negeri bakal mendapatkan THR. Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Pemerintah telah menyiapkan THR untuk aparatur sipil negara (ASN) tetapi hanya untuk Eselon III ke bawah atau pejabat negara yang setara Eselon III ke bawah.

"THR untuk ASN, TNI, dan Polri akan dibayarkan untuk seluruh ASN, TNI, Polri yang posisinya sampai dengan Eselon III ke bawah atau pejabat negara yang setara Eselon III ke bawah," seperti yang dikutip dari laman Kemenkeu.

Dia juga menyampaikan bahwa besaran THR hanya dari gaji pokok dan tunjangan melekat, bukan dari tunjangan kinerja (tukin). "(THR) dari gaji pokok dan tunjangan melekat, tidak dari tukinnya," tuturnya.

THR juga akan diberikan pemerintah kepada pensiunan dengan nilai yang sama seperti tahun sebelumnya. Sebab, pensiunan merupakan kelompok yang rentan pada 15 Mei 2020.

"Pensiun juga tetap mendapatkan THR sesuai tahun lalu karena pensiunan juga kelompok yang mungkin rentan juga," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper