Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekonomi Spanyol Terkontraksi 5,2 Persen pada Kuartal I/2020

Kontraksi ekonomi Spanyol sebesar 5,2 persen pada periode ini merupakan penurunan terbesar sejak 1970.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 30 April 2020  |  18:08 WIB
Petugas kesehatan di Spanyol menggunakan kantong sampah sebagai alat pelindung diri saat menolong pasien virus corona Coovid-19. - Bloomberg
Petugas kesehatan di Spanyol menggunakan kantong sampah sebagai alat pelindung diri saat menolong pasien virus corona Coovid-19. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Ekonomi Spanyol melorot 5,2 persen pada kuartal pertama di tahun ini, setelah mampu mencatatkan penguatan ekonomi selama enam tahun terakhir dari krisis.

Dilansir Blomberg, Kamis (30/4/2020), kontraksi ekonomi Spanyol tersebut bahkan lebih dalam jika dibandingkan estimasi Bloomberg sebesar 4,3 persen. Pada saat yang sama, Prancis juga melaporkan penurunan ekonomi hingga 5,8 persen pada kuartal I/2020.

Yang lebih buruk, sejumlah indikator ekonomi Spanyol bahkan mengindikasikan adanya penurunan lebih dalam pada kuartal II/2020. Pemerintah memberlakukan lockdown ketat pada pertengahan Maret tahun ini sehingga penghitungan pertumbuhan ekonomi kuartal awal 2020 hanya memasukkan 15 hari ketika ekonomi Spanyol terhenti.

Badan Statistik Spanyol menyatakan pihaknya kesulitan mengukur ekonomi selama periode lockdown sehingga kemungkinan akan ada revisi penghitungan pada kuartal awal tahun ini, yang diperkirakan bakal mencatatkan penurunan lebih buruk.  

Kontraksi ekonomi Spanyol sebesar 5,2 persen pada periode ini merupakan penurunan terbesar sejak 1970, ketika penghitungan data ekonomi mulai dilakukan.

Dalam skenario terburuk, Bank of Spain memprediksi pertumbuhan ekonomi negara ini bakal terkontraksi 12,4 persen pada tahun. Meskipun begitu, negara ini diproyeksikan kembali pulih sebesar 8,5 persen pada tahun depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi spanyol Virus Corona

Sumber : Bloomberg

Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top