Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pentagon Rilis Video UFO yang Jadi Polemik

Pentagon menyatakan ingin "menjernihkan kesalahpahaman oleh publik tentang apakah rekaman yang telah beredar itu nyata atau tidak".
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 April 2020  |  06:46 WIB
Departemen Pertahanan AS merilis video
Departemen Pertahanan AS merilis video "fenomena udara yang tidak dapat dijelaskan" atau yang lazim disebut Unidentified Flying Object (UFO). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Departemen Pertahanan AS merilis tiga video "fenomena udara yang tidak dapat dijelaskan" atau yang lazim disebut Unidentified Flying Object (UFO).

Pentagon menyatakan ingin "menjernihkan kesalahpahaman oleh publik tentang apakah rekaman yang telah beredar itu nyata atau tidak".

Video itu sendiri sudah bocor pada tahun 2007 dan 2017.

Dua video telah diulas oleh New York Times, sementara yang ketiga dibocorkan oleh sebuah organisasi yang didirikan oleh mantan penyanyi Blink-182, Tom DeLonge.

Setelah video pertama kali bocor, beberapa orang mengklaim video itu menunjukkan benda terbang tak dikenal alien (UFO).

Apa yang ada di video?

Menurut New York Times, klip dari tahun 2004 itu difilemkan oleh dua pilot pesawat tempur angkatan laut dan menunjukkan objek bundar melayang di atas air, sekitar 100 mil (160 km) ke Samudera Pasifik.

Dua video lain yang direkam pada 2015 menunjukkan benda-benda bergerak di udara, salah satunya berputar. Dalam satu rekaman, seorang pilot terdengar berkata: "Lihatlah benda itu, kawan! Itu berputar!"

Penampakan UFO yang diselidiki oleh polisi menjadi legenda seperti Raja Arthur.

Dalam pernyataannya, Pentagon mengatakan: "Setelah peninjauan menyeluruh, departemen telah menentukan bahwa rilis resmi dari video yang tidak diklasifikasi ini tidak mengungkapkan kemampuan atau sistem yang sensitif, dan tidak melanggar investigasi selanjutnya tentang serbuan ruang udara militer oleh fenomena udara tak dikenal.

"DOD [Departemen Pertahanan] merilis video untuk menjernihkan kesalahpahaman oleh publik tentang apakah rekaman yang telah beredar itu nyata atau tidak, atau ada lebih banyak video fenomena udara yang diamati dalam video tetap ditandai sebagai 'tidak dikenal'," menurut pernyataan lembaga itu seperti dikutip BBC.com, Rabu (29/4/2020).

Daya tarik dengan hal-hal yang tidak dapat dijelaskan tidak pernah hilang.

Fenomena UFO mungkin salah satu yang paling kuat dari kisah-kisah ini, yang menghubungkan ketidakpastian tentang dunia di luar dunia kita dengan teori konspirasi tentang pemerintah dan terutama pemerintah AS.

Selama berabad-abad orang telah memandang ke langit dan mencoba menjelaskan cahaya dan benda misterius.

Tetapi, kisah UFO modern berakar pada tahun 1947 ketika seorang petani menemukan puing-puing di Roswell, New Mexico. Pada awalnya benda itu digambarkan sebagai cakram terbang, tetapi sekarang dianggap sebagai bagian dari program balon rahasia untuk memantau Uni Soviet.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat pentagon
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top