Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatikan Data Pribadi, Menkominfo Dukung Layanan Sejiwa

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan bahwa dukungan pada layanan Sejiwa ini juga menjadi bagian dari optimalisasi teknologi informasi dan komunikasi.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 29 April 2020  |  13:55 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung penuh layanan psikologi Sehat Jiwa (Sejiwa) yakni salah satu upaya untuk mengurangi tekanan psikologis masyarakat akibat aturan physical distancing guna memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan bahwa dukungan pada layanan Sejiwa ini juga menjadi bagian dari optimalisasi teknologi informasi dan komunikasi. Meskipun demikian, dia menyatakan pemanfataan layanan tersebut harus tetap memperhatikan perlindungan data pribadi.

"Dampak dari physical distancing ini juga cukup dahsyat khususnya di lingkungan sosial terkecil yakni keluarga. Bukan hanya karena tidak bisa jalan-jalan atau keluar rumah, tetapi juga akibat dari kehilangan pekerjaan dan macetnya usaha yang menambah tekanan psikologis," kata Johnny dalam acara Peluncuran Layanan Psikologi Untuk Sehat Jiwa (Sejiwa), Rabu (29/4/2020).

Menurutnya, kondisi psikologis yang tertekan juga berdampak besar terhadap daya tahan tubuh yang saat ini sangat dibutuhkan guna menangkal Covid-19.

Lebih lanjut, dukungan pada aplikasi Sejiwa juga akan semakin memperkuat inisiatif serta kolaborasi antara Kemenkominfo dan kementerian atau lembaga lainnya.

Namun, tidak dipungikiri bahwa pemanfaatan ruang digital sangat rentan terhadap peretasan atau penyalahgunaan data pribadi.

Menteri Johnny menjamin pelindungan data pribadi berkaitan dengan penanganan Covid-19 melalui penerbitan Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171 Tahun 2020 tentang Penetapan Aplikasi PeduliLindungi Dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 

"Dalam kaitan dengan aplikasi ini, Kepmen yang kami keluarkan juga memperhatikan bahwa data-data yang digunakan saat ini harus dipastikan aman digunakan untuk keperluan tertentu dan akan berakhir pada saat berakhirnya keadaan darurat ini," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkominfo Virus Corona
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top