Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Imam Istiqlal: Kemungkinan Besar Tarawih Dimulai Malam Ini

Imam Masjid Istiqlal Prof Nazaruddin Umar memperkirakan malam ini, Kamis 23 April 2020 umat muslim akan melaksanakan salat tarawih sebagai tanda telah memasuki Ramadan.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 23 April 2020  |  15:59 WIB
Sejumlah umat muslim menjalankan ibadah salat Tarawih. - Antara
Sejumlah umat muslim menjalankan ibadah salat Tarawih. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Imam Masjid Istiqlal Prof Nazaruddin Umar memperkirakan malam ini, Kamis 23 April 2020 umat muslim akan melaksanakan salat tarawih sebagai tanda telah memasuki Ramadan.

Kendati demikian, hasil resmi akan disampaikan oleh Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, dan ormas Islam sekitar pukul 19.05 WIB.

“Berdasarsakan pertimbangan perhitungan ilmu hisab, kemungkinan besar berdasarkan pengamatan bulan mungkin umat Islam di Indonesia akan kompak nanti malam mulai salat tarawih,” katanya Kamis di Graha BNPB, Kamis (23/4/2020).

“Tapi ini kepastiannya menunggu hasil sidang isbat sebentar lagi,” terangnya.

Dia mengatakan bila Ramadan dimulai malam nanti, maka pelaksanaan ibadah akan mengikuti kondisi darurat penyebarn Covid-19. Berdasarkan ketentuan Kementerian Agama, ibadah selama Ramadan dilaksanakan di rumah.

“Kali ini ada sesuatu yang sangat darurat maka kita paham bersama karena tarawih itu sunah salat di masjid itu sunah, tetapi mempertahankan kesehatan diri dan keluarga itu wajib,” tuturnya.

Menurutnya, menolak kemudaratan lebih utama dari mengejar manfaat seperti mengejar pahala. Dia mengimbau masyarakat tetap melaksanakan ibadah selama Ramadan dari rumah masing-masing.

Adapun Masjid Istiqlal tidak akan menggelar pelaksanaan salat tarawih pada tahun ini. Keputusan itu dikeluarkan mengingat semakin meluasnya virus corona.

Di sisi lain, Provinsi Aceh tetap akan melaksanakan ibadah salat wajib, tarawih hingga witir di masjid. Keputusan itu dikeluarkan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengingat angka pasien positif Covid-19 tercatat 7 orang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tarawih covid-19
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top