Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok Kaitkan Ucapan Kartini dengan Kondisi Dunia Saat Ini

Ahok percaya masa-masa sulit dunia dalam menghadapi virus Corona akan segera berakhir. DI saat masa-masa sulit, dia berharap masyarakat saling membantu.
BASUKI TJAHAJA PURNAMA. Antara
BASUKI TJAHAJA PURNAMA. Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Saban 21 April, Indonesia memperingati hari lahir Raden Adjeng Kartini. Tanggal tersebut, disebut-sebut sebagai salah satu tonggak gerakan emansipasi wanita di tanah air.

Namun, R.A. Kartini bukan hanya dirayakan oleh para kaum hawa saja. Pun dengan para kaum adam. Setidaknya, kalimat-kalimat yang ia tuliskan, bukan hanya berkenaan dengan wanita. Tak jarang, soal kehidupan sosial masyarakat.

Dan, untuk yang satu itu, ada satu kalimat paling terkenal dari Kartini, atau lebih tepatnya kalimat yang menjadi salah satu judul dari bukunya: Habis Gelap Terbitlah Terang. Kalimat tersebut, ia tuliskan dengan makna yang masih relevan hingga melintasi zaman.

Tak terkecuali hari-hari terakhir, kala dunia, khususnya Indonesia, tengah menghadapi wabah virus Corona (Covid-19). Kini, masyarakat dunia seperti memasuki kondisi yang tak karuan--diibaratkan gelap.

Gubernur DKI Jakarta ke-15, Basuki Tjahaja Purnama, berusaha mengaitkan hal itu. "Di situasi seperti saat ini, saya rasa menjadi relevan jika mengingat kutipan kalimat beliau (Kartini) yang terkenal: 'Sehabis gelap pasti terbitlah terang'," ucap Ahok, begitu ia biasa disapa, Selasa (21/4/2020) via akun media sosial Twitter pribadinya.

Bagi Ahok, badai Corona ini akan segera berlalu. Untuk menghadapi masa-masa sulit ini, ia berharap tiap warga saling membantu. "Percayalah bahwa masa sulit ini akan segera berlalu. Kita harus saling menguatkan dan membantu. Selamat hari Kartini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andya Dhyaksa
Editor : Andya Dhyaksa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper