Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

26 ABK Positif Corona, KM Lambelu Diisolasi di Zona Karantina Pelabuhan Makassar

Setelah mengalami penolakan untuk bersandar di Maumere, NTT, KM Lambelu akhirnya melanjutkan perjalanan ke Makassar pada 8 April 2020 lalu. Kapal tersebut hanya menurunkan ratusan penumpang di Pelabuhan Maumere dan tidak diizinkan bersandar.
Kapalpenumpang  milik PT Pelayaran Indonesia (Pelni) merapat di dermaga Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (7/1/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Kapalpenumpang milik PT Pelayaran Indonesia (Pelni) merapat di dermaga Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (7/1/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Setelah mengalami penolakan untuk bersandar di Maumere, NTT, KM Lambelu akhirnya melanjutkan perjalanan ke Makassar pada 8 April 2020 lalu. Kapal tersebut hanya menurunkan ratusan penumpang di Pelabuhan Maumere dan tidak diizinkan bersandar.

KM Lambelu ditolak bersandar, sebab adanya dugaan terkait tiga orang ABK yang dinyatakan positif Covid-19. Olehnya itu sesuai SOP, kapal dengan total 141 awak itu harus berhenti di zona karantina dengan jarak 2 mil dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Seluruh ABK juga harus menjalani pemeriksaan kesehatan.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim screening Dinas Kesehatan Sulsel, sebanyak 26 ABK dinyatakan positif Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari menyatakan pemeriksaan itu baru dilakukan di tahap awal. Yang mana tes swab dilakukan pada 42 awak kapal.

"Jadi, dari 141 orang yang ada di kapal, ada 42 orang yang melakukan pemeriksaan tahap awal. Dari hasilnya ada 26 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Sementara 99 lainnya akan di tes pada Senin besok," ungkap Ichsan dalam video konferensi pada Minggu (12/4/2020) malam.

Kendati masih ada awak yang berstatus negatif, namun para awak tetap harus menjalani isolasi di atas kapal. Ichsan menyebut, di atas kapal juga ada tim medis yang bertugas termasuk dari petugas kepolisian yang juga ikut berjaga. Seluruh awak tidak diperbolehkan turun sebelum melalui masa karantina yang ditentukan.

Secara total jumlah kasus pasien positif Covid-19 di Sulsel saat ini mencapai 222 orang. Pada Minggu (12/4/2020) terjadi penambahan kasus sebanyak 44 orang dengan rincian 26 orang ABK KM Lambelu, dan 18 lainnya merupakan warga Sulsel yang berasal dari sejumlah daerah.

"Untuk 18 kasus lainnya itu kami mencatat 14 orang dari Makassar, 1 orang dari Kabupaten Enrekang, 1 orang dari Sidrap, 1 orang dari Pangkep, dan 1 lainnya dari Gowa," sebut Ichsan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper