Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cek Fakta: Presiden Jokowi Bagi-Bagi Sembako di Bogor Sabtu Malam, Betulkah?

Isu Presiden Jokowi bagi-bagi sembako di Istana Bogor ini ramai diperbincangkan netizen melalui media sosial Twitter. Betulkah demikian?
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 12 April 2020  |  14:13 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). - ANTARA/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). - ANTARA/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Berembus kabar bahwa Presiden Joko Widodo membagikan sembako di Istana Bogor pada Sabtu malam.

Isu Presiden Jokowi bagi-bagi sembako di Istana Bogor ini ramai diperbincangkan netizen melalui media sosial Twitter. Betulkah demikian?

Istana membantah informasi bahwa Presiden Jokowi membagikan sembako kepada masyarakat di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat,  pada Sabtu (11/4/2020) malam. 

“Tidak ada kegiatan pembagian paket sembako oleh Presiden pada Sabtu malam di Bogor,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden kepada Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin melalui keterangan resmi, Minggu (12/4/2020).

Sementara itu dalam video yang beredar melalui media sosial terlihat masyarakat kota Bogor berduyun-duyun menuju Istana Kepresidenan. Beberapa pengunggah video menyebutkan bahwa masyarakat akan mengambil paket sembako yang akan dibagikan Presiden Jokowi.

Warga Twitter pun banyak yang mempertanyakan video yang menampilkan kerumunan masyarakat tersebut. Pasalnya Presiden dan jajarannya dalam berbagai kesempatan selalu mengimbau untuk menjaga jarak sosial yang aman setidaknya 1 hingga 2 meter guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Bey menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo sempat membagikan paket sembako pada Kamis (9/4/2020) sore di Jakarta dalam perjalanan dari Istana Merdeka Jakarta menuju Gerbang Tol Kemayoran untuk melanjutkan perjalanan ke Bogor. Esoknya, Presiden juga melakukan kegiatan serupa di Bogor.

Bey menyebutkan bahwa dalam kegiatan pembagian paket sembako tersebut pihak Paspampres selalu mengutamakan protokol kesehatan terkait pandemi virus Corona dan memperhatikan physical distancing.

Menurut Bey, pada Sabtu (11/4/2020) malam, masyarakat kota Bogor menduga Presiden akan kembali membagikan sembago. Perkiraan ini berdasarkan kegiatan Presiden sebelummya dan juga informasi tidak resmi yang beredar.

"Padahal pada hari itu tidak ada agenda Presiden Jokowi membagikan paket sembako," kata Bey.

Paspampres dibantu aparat kewilayahan dari Komando Resor Militer 061 (Korem 061/Surya Kencana) dan Polresta Bogor Kota menjelaskan kepada masyarakat. Para warga tersebut akhirnya kembali ke rumah masing-masing.

Pembagian paket sembako di Jakarta (9/4/2020) dan Bogor (10/4/2020), serta pergerakan warga menuju Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu malam (11/4/2020) kini menjadi bahan evaluasi.

Sekretariat Presiden, Sekretariat Militer Presiden, dan Paspampres akan melakukan evaluasi cara pembagian sembako yang mengutamakan physical distancing, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Terlebih lagi, DKI Jakarta dan wilayah Bogor sudah ditetapkan Menteri Kesehatan sebagai wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tentunya kita semua harus mendukung pelaksanaan PSBB ini,” ucap Bey.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi sembako Virus Corona Istana Bogor
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top