Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jasamarga Metropolitan Gelar Simulasi Penanganan Covid-19

Langkah ini merupakan persiapan bagi petugas jika ada pengguna jalan tol yang terpapar virus Corona. Salah satunya, melatih bagaimana cara penanganan, termasuk menggunakan APD dan menyemprot disinfektan.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 11 April 2020  |  13:58 WIB
Kendaraan terjebak kemacetan di ruas jalan tol dalam kota, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (16/5). - Antara/Rivan Awal Lingga
Kendaraan terjebak kemacetan di ruas jalan tol dalam kota, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (16/5). - Antara/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - Jasamarga Regional Metropolitan Tollroad menggelar simulasi penanganan terhadap pengguna jalan tol jika terdapat konsumen yang terinfeksi virus Corona (Covid-19).

Agus Pramono, Area Manager Tol Dalam Kota dan Sedyatmo PT JMTO, mengungkapkan pihaknya berharap simulasi ini dapat membuat petugas di lapangan paham langkah-langkah yang harus dilakukan olehnya ketika terdapat pengguna jalan yang terinfeksi Covid-19.

Kegiatan simulasi telah dilaksanakan di dua lokasi Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad. Yaitu di Ruas Jalan Tol JORR Non S tepatnya Km 54+100 pada Rabu (8/4/2020) dan Ruas Jalan Tol Dalam Kota tepatnya di Gerbang Tol Cililitan pada Kamis (9/4/2020).

“Kita berharap petugas tidak hanya mendapatkan pengetahuan dari membaca aturan-aturan penanganan. Namun, bisa langsung mempraktikkan langkah-langkah serta penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) penanganan, sehingga mereka sudah paham ketika berhadapan pada situasi yang sebenarnya,” kata Agus dalam siaran pers pada Sabtu (11/4/2020).

Dia menjelaskan kesigapan petugas dan pemenuhan kelengkapan APD merupakan hal mendasar yang perlu dipersiapkan di tengah wabah Covid-19 yang saat ini sedang terjadi.

Simulasi ini, lanjutnya melibatkan petugas Mobile Customer Service, petugas medis, dan petugas patroli jalan raya (PJR).

Diawali dengan briefing petugas, penyampaian skenario simulasi, pelaksanaan tugas, penyelamatan pasien terduga Covid-19 ke rumah sakit rujukan, hingga berakhir pada aktivitas penyemprotan desinfektan untuk semua petugas dan kendaraan operasional terlibat.

“Hal ini dilakukan guna memastikan petugas dan kendaraan dalam keadaan steril dari Covid-19, sehingga dapat mengantisipasi penularan kepada petugas lainnya,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top