Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

MUI: Bantu dan Muliakan Tetangga di Tengah Corona, ada Hadisnya

Majelis Ulama Indonesia menganjurkan masyarakat saling membantu tetangga dalam kondisi kesulitan di tengah merebaknya pandemi Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 07 April 2020  |  08:34 WIB
Pengemudi ojek daring menunjukkan nasi kotak yang didapatkannya di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Pembagian makanan gratis tersebut merupakan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama di tengah-tengah pandemi COVID-19. - ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Pengemudi ojek daring menunjukkan nasi kotak yang didapatkannya di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Pembagian makanan gratis tersebut merupakan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama di tengah-tengah pandemi COVID-19. - ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia menganjurkan masyarakat saling membantu tetangga dalam kondisi kesulitan di tengah merebaknya pandemi Covid-19.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan bahwa ajuran agar tidak keluar dari rumah untuk memutus mata rantai Virus Corona mempengaruhi kondisi keuangan kalangan tertentu.

Masyarakat di lapisan bawah seperti tukang ojek, supir taksi, pedang kaki lima, penjual makanan di pinggir jalan dan kelompok lainnya mengalami dampak yang cukup besar. Sebagian diantaranya kehilangan pendapatan dan tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok keluarga.

Menurutnya, apabila kondisi tersebut tidak segera diatasi maka tidak mustahil akan terjadi tindakan yang tidak diinginkan seperti perbuatan kriminal. Gambaran itu kata dia akan berdampak buruk pada kehidupan sosial politik di dalam negeri.

“Untuk itu kita harus bisa mendorong bagaimana setiap keluarga harus peduli terhadap keadaan yang dialami oleh keluarga lain yang merupakan tetangganya. Bila ada sebuah keluarga yang memiliki masalah maka orang dan keluarga yang menjadi tetangganya harus berempati dan dengan cepat datang membantu,” katanya di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Dalam Islam lanjutnya, keberimanan seseorang kepada Allah dan hari akhir akan dinilai salah satunya adaah sejauh mana seseorang peduli terhadap tetangga.

“Ini terlihat dengan jelas dari hadis Nabi yang mengatakan, barangsiapa yang menyatakan dirinya beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tetangganya,” tuturnya.

Atas kondisi itu, MUI mengimbau masyarakat untuk menegakkan dan melaksanakan apa yang sudah diperintakan Nabi dengan menciptakan sistem ketahanan hidup bertetangga yang kuat dan baik berdasarkan tuntunan agama.

Pasalnya dengan upaya itu, segala persoalan yang ditimbulkan termasuk di tengah pandemi ini dapat dihadapi dan diatasi dengan baik agar masyarakat bisa hidup dengan aman, tentram dan damai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mui Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top