Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wakil Ketua Komisi IX: Jika Jadi Presiden, Saya Copot Menkes!

Sebanyak 13 dokter ini meninggal dalam rentang waktu sebulan terakhir, seiring dengan melonjaknya jumlah pasien virus corona.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 02 April 2020  |  21:52 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan dua orang WNI positif Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3 - 2020). Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan dua orang WNI positif Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3 - 2020). Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komis IX Ansory Siregar mewanti-wanti Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, untuk segera melengkapi alat pelengkap diri (APD) bagi tenaga medis yang saat ini tengah merawat pasien terkait virus corona atau Covid-19 di sejumlah rumah sakit.

“Jika saya jadi presiden, saya copot bapak karena banyak dokter spesialis kita yang meninggal, saya tidak mungkin sebutin satu per satu, ini bukan main-main,” kata Ansory di dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat dengan Menkes, Menaker, dan Kepala Gugus Penanganan Covid-19 di Komisi IX DPR RI, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Apalagi, Ansory menggarisbawahi, pemenuhan APD belum terpenuhi dengan merata dan menyeluruh hingga saat ini. Ia beralasan sejumlah tenaga medis telah meninggal di dalam tugas merawat pasien Covid-19. “Karena itu tenaga medis, jika perlu mereka dikarantina,” ujarnya.

Kabar duka kembali datang dari tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan wabah corona. Hari ini, bertambah satu dokter lagi yang meninggal karena terpapar virus corona SARS-CoV-2.

"Iya benar tambah satu lagi hari ini," ujar Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih lewat pesan singkat, Kamis (2/4/2020).

Daeng mengatakan, dokter yang meninggal hari ini bernama Laksma TNI Jeanne P.M.R. Winaktu. Daeng tidak mendetailkan di mana sang dokter bertugas.

Total, hingga saat ini sudah ada 12 orang dokter yang meninggal akibat terinfeksi virus  SARS-CoV-2 dan satu dokter meninggal akibat kelelahan menangani pasien Covid-19.

Sebanyak 13 dokter ini meninggal dalam rentang waktu sebulan terakhir, seiring dengan melonjaknya jumlah pasien corona.

Dengan semakin banyak tenaga medis yang tumbang, Daeng sebelumnya telah mengeluarkan surat edaran yang berisi imbauan kepada seluruh petugas kesehatan mematuhi standar operasional prosedur (SOP) dengan memakai APD dalam menangani pasien Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr Virus Corona dokter terawan
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top