Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Redam Dampak Corona, Bank di Kanada Pangkas Bunga Dasar Kredit

Bank Sentral Kanada secara tidak diduga menurunkan suku bunga overnight sebesar 50 basis poin menjadi 0,25 persen pada Jumat (27/3/2020) di tengah penyebaran virus corona. Langka ini pun diikuti oleh sejumlah bank.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 28 Maret 2020  |  06:59 WIB
Seorang penumpang mengenakan masker saat tiba di Bandara Pearson, tak lama setelah Toronto Public Health menerima pemberitahuan kasus dugaan pertama virus corona di Kanada, di Toronto, Ontario, Kanada 26 Januari 2020.  - Reuters
Seorang penumpang mengenakan masker saat tiba di Bandara Pearson, tak lama setelah Toronto Public Health menerima pemberitahuan kasus dugaan pertama virus corona di Kanada, di Toronto, Ontario, Kanada 26 Januari 2020. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa bank di Kanada memangkas suku bunga sebagai respons penurunan suku bunga acuan Bank of Canada.

Dilansir dari Bloomberg, Bank Sentral Kanada secara tidak diduga menurunkan suku bunga overnight sebesar 50 basis poin menjadi 0,25 persen pada Jumat (27/3/2020).

Kebijakan ini menjadi upaya ketiga Bank of Canada pada sebulan terakhir, di tengah upaya pemerintah untuk menekan dampak dari penyebaran virus corona atau covid-19. Pemangkasan suku bunga acuan ini akan mempengaruhi suku bunga kredit perumahan dan kredit lainnya.

Royal Bank of Canada, misalnya, ikut memangkas suku bunga dasar kreditnya sebesar 50 basis poin. Berdasarkan keterangan resminya, bank dengan aset terbesar ini menurunkan suku bunga kredit dari 2,95 persen menjadi 2,45 persen.

Bank of Nova Scotia juga memangkas suku bunga dasar kredit sebesar 50 basis poin menjadi 2,45 persen.

Bank-bank di Canada cenderung mengikuti perubahan suku bunga acuan dengan beberapa harapan dari kebijakan ini. Pemangkasan suku bunga bisa menolong para debitur yang memiliki pinjaman dengan floating-rate. Namun, kebijakan ini tidak berpengaruh banyak bagi debitur baru.

Pasalnya, bank-bank sudah menghapus diskon suku bunga KPR dan meningkatkan bunga untuk KPR dengan bunga tetap dalam beberapa minggu terakhir. Upaya ini merupakan persiapan industri bank Canada untuk menghadapi tekanan finansial yang berasal dari sektor bisnis dan rumah tangga.

Di tengah gelombang pemutusan tenaga kerja di berbagai sektor dan jumlah pengganguran yang meningkat, enam bank besar Canada telah menerima ratusan hingga ribuan permintaan penundaan angsuran kredit pada minggu pertama dari pengumuman rencana pemerintah untuk menekan dampak akibat virus corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanada Virus Corona

Sumber : Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top