Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Corona Covid-19, SBY Sebut Tak Perlu ‘Lockdown’ Kota bila...

Disebutkan, disiplin, kesadaran diri dan kepatuhan masyarakat akan menyelamatkan mayarakat.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  12:30 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyapa warga saat mengunjungi kota Pekanbaru, Pekanbaru, Riau, Minggu (16/12/2018). - ANTARA/Aswaddy Hamid
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyapa warga saat mengunjungi kota Pekanbaru, Pekanbaru, Riau, Minggu (16/12/2018). - ANTARA/Aswaddy Hamid

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan jika masing-masing warga mengarantina diri sendiri, maka tak perlu ‘lockdown’ beberapa kota di Indonesia karena wabah virus corona Covid-19.

SBY menyampaikan hal tersebut lewat akun Twitternya @SBYudhoyono, Senin (23/3/2020).

“Kalau masing-masing lakukan "lockdown" atau "mengkarantina diri sendiri", tak perlu dilakukan "lockdown" di kota-kota. Penyebaran COVID-19 bisa kita batasi. Seperti negara lain, "lockdown" dilakukan hanya jika terpaksa, guna menyelamatkan jiwa penduduk,” cuit SBY.

Disebutkan, disiplin, kesadaran diri dan kepatuhan masyarakat akan menyelamatkan mayarakat.

“Mari kita bantu pemerintah. Kalau ada rekomendasi sampaikan baik-baik. Saya yakin pemerintah akan perhatikan saran-saran rakyatnya.”

Lebih lanjut  SBY menulis bahwa penting cegah pertemuan yang menghadirkan banyak orang (social distancing). Di manapun, pelihara jarak antarmanusia (physical distancing), sekitar 1,5 - 2 meter.

“ Ini keadaan darurat. Jangan dianggap mengada-ada,” katanya lagi.

Dalam cuitannya, SBY mengatakan dalam memerangi virus corona, pemerintah  menunjukkan kesigapan, kecepatan,  kerja sama yang makin baik. Pemerintah daerah juga melakukan langkah nyata dan keseriusan yang tinggi. Rakyat pun makin tenang.

“Selamat bertugas Pak Jokowi dan  pemerintah. Tugas pemerintah berat, namun mulia. Perjuangan masih panjang. Badai belum berlalu. Kalau kita bersatu, Indonesia akan selamat dan  sukses,” tukas SBY.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby Virus Corona
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top