Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Revisi Keppres, Jokowi Beri Wewenang Istimewa kepada BNPB

Jokowi memerintahkan kepada seluruh kementerian dan lembaga (K/L) untuk memberikan mandat pemberian pengecualian perizinan tata niaga impor kepada Kepala BNBP.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  12:25 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan dua orang WNI positif Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3 - 2020). Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan dua orang WNI positif Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3 - 2020). Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menambah kewenangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden No. 9/2020 yang telah ditetapkan Jokowi pada 20 Maret lalu.

Lewat Keppres terbaru ini, Jokowi memerintahkan kepada seluruh kementerian dan lembaga (K/L) untuk memberikan mandat pemberian pengecualian perizinan tata niaga impor kepada Kepala BNBP. Hal ini dilakukan dalam rangka perecepatan impor barang yang digunakan untuk menanganani Covid-19.

Dalam hal ini, Kepala BNBP selaku ketua pelaksana atau pejabat yang ditunjuk menerbitkan rekomendasi pengecualian tata niaga impor. Adapun rekomendasi tersebut dapat diterbitkan secara online.

Di satu sisi, pemerintah saat ini juga sedang menyusun Peraturan Presiden (Perpres) yang memberikan kemudahan dan percepatan proses pengadaan barang dan jasa terkait Covid-19. Perpres tersebut nantinya tidak hanya mengatur mengenai proses pengadaan barang dan jasa, tetapi juga mengatur soal proses importasi barang, penyaluran barang ke wilayah terdampak, dan proses lainnya yang mendukung kelancaran barang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi keppres Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top