Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Revisi Keppres Gugus Tugas Covid-19, Ada Apa Ya?

Dalam Keppres terbaru, Presiden mengubah susunan keanggotaan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  12:08 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). Presiden Joko Widodo meminta kepada kepala pemerintah daerah untuk berkomunikasi kepada pemerintah pusat seperti Satgas COVID-19 dan Kementerian dalam membuat kebijakan besar terkait penanganan COVID-19, dan ditegaskan kebijakan
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). Presiden Joko Widodo meminta kepada kepala pemerintah daerah untuk berkomunikasi kepada pemerintah pusat seperti Satgas COVID-19 dan Kementerian dalam membuat kebijakan besar terkait penanganan COVID-19, dan ditegaskan kebijakan "lockdown" tidak boleh dilakukan pemerintah daerah. ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Baru sepekan berjalan, Presiden Joko Widodo sudah merevisi Keputusan Presiden (Keppres) tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Perubahan keputusan ini tertuang dalam Keppres No.9/2020 yang ditetapkan pada 20 Maret lalu. Perlu diketahui, Keppres yang menjadi landasan pembentukan gugus tugas pertama kali terbit pada 13 Maret 2020.

Dalam Keppres terbaru, Presiden Jokowi mengubah susunan keanggotaan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Kali ini, Menko PMK medapatkan mandat sebagai satu-satunya ketua pengarah gugus tugas dibantu oleh Menkopolhukam dan Menkes sebagai wakil ketua pengarah dan Menkeu sebagai sekretaris. 

Lewat Keppres terbaru, terdapat 27 menteri, kepala lembaga atau badan, hingga kepala daerah ditunjuk sebagai anggota pengarah. Hal ini berbeda dibandingkan Keppres sebelumnya dimana pengarah hanya terdiri dari Menko PMK, Menkopolhukam, Menkes, dan Menkeu.

Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tetap diketuai oleh Kepala BNPB. Namun, wakil ketua pelaksana gugus tugas bertambah dari dua unsur menjadi lima unsur.

Kali ini, Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terdiri dari Sekjen Kemenkes, Sekjen Kementerian BUMN, Sekjen Dewan Ketahanan Nasional, Asisten Operasi Panglima TNI, dan Asisten Operasi Panglima Polri.

Jumlah anggota pelaksana gugus tugas pun bertambah dari 12 unsur menjadi 32 unsur. Lewat Keppres terbaru, unsur lainnya bisa dilibatkan apabila memang diperlukan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top