Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump Disambut Meriah di India

Presiden AS Donald Trump mendarat di Ahmedabad, India untuk memulai kunjungan dua hari di negara itu. Disambut Perdana Menteri Narendra Modi, keduanya kemudian menuju Sardar Patel, sebuah stadion kriket dengan 110.000 kursi yang dipenuhi masyarakat India bersorak-sorai.
Donald Trump/Reuters
Donald Trump/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden AS Donald Trump mendarat di Ahmedabad, India untuk memulai kunjungan dua hari di negara itu.

Disambut Perdana Menteri Narendra Modi, keduanya kemudian menuju Sardar Patel, sebuah stadion kriket dengan 110.000 kursi yang dipenuhi masyarakat India bersorak-sorai.

Stadion ini diklaim merupakan fasilitas kriket terbesar di dunia setelah menelan biaya renovasi senilai US$100 juta. Sebelum tiba di stadion itu, Trump sudah lebih dulu disambut kerumunan yang melambai-lambaikan bendera dan bersorak-sorai di jalanan.

Modi berharap sambutan di negara bagian Gujarat itu akan memperkuat hubungan India dan AS yang sempat berselisih dalam hal perdagangan.

Antara bandara dan stadion, Trump berhenti untuk mengunjungi Ashram Gandhi di Sabarmati, kediaman Mahatma Gandhi selama gerakan kemerdekaan India.

Modi telah berupaya untuk meningkatkan kunjungan pemimpin asing untuk meningkatkan visibilitas internasional ke Ahmedabad. Sebelum Trump, di tempat itu dia pernah menjamu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Harapan Modi adalah untuk menawarkan visi alternatif pada asosiasi kota dengan kerusuhan anti-Muslim yang mematikan pada 2002 yang terjadi ketika dia memimpin negara bagian itu.

Setelah rapat umum di stadion kriket, Trump akan terbang ke Agra, di mana dia berencana mengunjungi Taj Mahal yang ikonik. Presiden AS itu pernah memiliki kasino di Atlantic City yang desainnya merujuk situs Warisan Dunia UNESCO itu.

Para pejabat di Agra juga sibuk sebelum kunjungan Trump. Pekan lalu, pemerintah mengeluarkan jutaan liter air tambahan dari jaringan kanal yang memberi ke Sungai Yamuna dalam upaya untuk menutupi polusi yang mengganggu kota.

Masalah yang lebih sulit mungkin adalah populasi kera yang berkeliaran di halaman mausoleum berusia hampir empat abad. Pejabat keamanan telah dipersenjatai dengan ketapel genggam untuk mengusir monyet.

Trump kemudian akan berangkat ke Delhi, di mana dia akan menghabiskan malam sebelum serangkaian pertemuan dengan pejabat pemerintah dan pemimpin bisnis besok, Selasa 25 Februari 2020. Dia diharapkan untuk mengakhiri perjalanannya dengan makan malam di istana presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper