Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dianggap Paling Islami, PKS Melejit di Survei Indo Barometer

Keterpilihan PKS pada survei yang dilakukan Indo Barometer melejit, menduduki peringkat empat di bawah PDIP, Gerindra, dan Golkar. PKS dianggap paling islami, mengalahkan PKB.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Februari 2020  |  12:04 WIB
Paparan hasil survei Indo Barometer terkait tokoh potensial menjadi calon presiden di Pemilu 2024 di Jakarta, Minggu (23/2/2020). - Antara
Paparan hasil survei Indo Barometer terkait tokoh potensial menjadi calon presiden di Pemilu 2024 di Jakarta, Minggu (23/2/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pamor Partai Keadilan Sejahtera sepertinya tengah naik daun. Jika pada Pemilu Legislatif nasional tahun lalu PKS hanya nangkring di posisi ketujuh partai dengan jumlah suara terbanyak di DPR, kini mereka justru keempat.

Melejitnya popularitas PKS tersebut dapat dilihat dari survei yang dilakukan Lembaga Indo Barometer. Menurut survei tersebut, PKS ada 7,8 persen responden yang memilih PKS. Sementara itu, tiga teratas diduduki PDI Perjuangan (PDIP) dengan 24,8 persen, Gerindra (14,8 persen), dan (Golkar 8,1 persen).

Melengkapi lima besar partai yang paling banyak dipilih versi Indo Barometer adalah, PKB dengan 5,6 persen dan Demokrat 5,5 persen.

 “Partai lainnya kurang dari 5,0 persen dan yang masih menjawab rahasia/tidak tahu/tidak jawab sebesar 22,4 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari, di Hotel Atlet Century Jakarta Minggu, 23 Februari 2020. 

Menurut survei, ada lima alasan utama publik memilih partai politik, yakni; kerja partai bermanfaat untuk masyarakat, suka dengan tokoh atau kader partainya, partai pilihan sejak dulu, dekat dengan rakyat, dan sesuai hati nurani.

PDIP sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi lekat dengan imej dekat dengan rakyat, kerja partai bermanfaat untuk masyarakat, dan partai pilihan sejak dulu. Gerindra banyak didukung karena kesukaan responden terhadap tokoh atau kader partainya dan sesuai dengan hati nurani. Akan halnya Golkar dipilih karena dianggap sebagai partai pilihan sejak dulu.

Sebanyak 52,3 persen responden mengenal PKS sebagai partai Islam. “Yang berpendapat PKS sebagai partai yang mempunyai komitmen sebanyak 25,0 persen," ujar Qodari.

Untuk PKB, hanya 27,3 responden yang menganggap mereka partai Islam dan PPP hanya 18,2 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pks pdip gerindra partai golkar

Sumber : Tempo

Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top