Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tito Sebut 9 Daerah Pelaksana Pilkada Aman

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut kondisi sembilan provinsi yang mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 aman.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 28 Januari 2020  |  20:35 WIB
Tito Sebut 9 Daerah Pelaksana Pilkada Aman
Mendagri Tito Karnavian - Antara/Boyke Ledy Watra
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta -- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut kondisi sembilan provinsi yang mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 aman.

Dia berharap kedepannya kondisi daerah yang melaksanakan Pilkada tetap aman dan kondusif.

"Saya melihat 9 daerah yang Pilgub itu rata-rata daerah selama ini kita anggap petanya aman," kata Tito dalam keterangannya, Selasa (27/1/2020).

Hanya saja, daerah yang perlu dijaga keamanan adalah wilayah Papua. Terutama, lanjut Tito, di wilayah Papua Tengah. Pasalnya terdapat sejumlah isu di sana.

Pertama, kata Tito, wilayah Papua Tengah karena ada kelompok bersenjata. Kemudian, terdapat beberapa daerah yang sistemnya Noken.

"Sistem Noken tidak menggunakan sistem 'one man one Vote' keterwakilan, nah ini yang perlu dijaga”, terangnya.

Ia juga mengingatkan bahwa setiap perhelatan Pilkada sangat diperlukan kerjasama semua komponen mulai dari jajaran Pemerintah Pusat dan daerah, KPU, Bawaslu, DKPP, termasuk teman-teman media, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, Ormas untuk mendinginkan suasana.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri tengah bersiap dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun ini. Setidaknya ada 270 daerah yang bakal menyelenggarakan pesta demokrasi tersebut.

Kemendagri melalui Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga telah menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pilkada Serentak Tahun 2020.

DP4 yang diserahkan, yakni sebanyak 105.396.460 jiwa yang terdiri dari 52.778.939 laki-laki dan 52.617.521 perempuan yang tersebar di 270 Daerah yang akan melaksanakan Pilkada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilkada
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top