Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tagar #TerimaKasihLordJonan, Warganet Kenang Satu Dekade Perubahan PT KAI

Selama kepemimpinannya, Jonan juga sempat melipatgandakan aset PT KAI yang semula hanya Rp5,7 triliun pada 2008 menjadi Rp15,2 triliun pada 2013. Langkah ini menjadi perubahan besar bagi perusahaan lokomotif itu.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 31 Desember 2019  |  13:16 WIB
 Ignasius Jonan . - Bisnis/Nurul Hidayat
Ignasius Jonan . - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan tetiba jadi trending topic di Twitter. Warganet mengenang kerja Jonan saat masih menjadi Dirut PT KAI.

Sebelum menjabat Menteri ESDM, Ignasiun Jonan menjadi pendobrak di PT Kereta Api Indonesia. Saat ditunjuk sebagai Dirut perusahaan tersebut pada 2009 oleh Menteru BUMN Sofyan Djalil.

Setahun pertama Jonan, perusahaan itu langsung mencatatkan keuntungan hingga Rp154,8 miliar. Padahal tahun sebelumnya PT KAI mencatat rugi hingga Rp83,5 miliar.

Selama kepemimpinannya PT KAI menghapus percaloan tiket yang marak terjadi dengan menerapkan sistem boading pass dan pemesanan tiket daring atau melalui ritel.

Dia juga mengubah wajah kereta api yang semua terkesan kumuh menjadi nyaman bagi pengguna. Para penumpang juga dilarang merokok di dalam kereta. Bahkan berjualan di dalam gerbong tak lagi diperbolehkan.

Langkah itu disambut baik oleh masyarakat apalagi pengguna kereta api. Hasilnya penumpang kereta kian melonjak dan meningkatkan untung perusahaan.

Selama kepemimpinannya, Jonan juga sempat melipatgandakan aset PT KAI yang semula hanya Rp5,7 triliun pada 2008 menjadi Rp15,2 triliun pada 2013. Langkah ini menjadi perubahan besar bagi perusahaan lokomotif itu.

Warganet mengenang satu dekade perubahan yang telah dilakukan oleh Jonan. Netizen menggaungkan tagar #TerimaKasihLordJonan. Semua tagar ini ditulis oleh Twitter Anak Kereta @Ankertwitter.

Dia mengajak pengguna Twitter untuk membalas cuitannya dengan menyampaikan perubahan yang telah dirasakan oleh pengguna transportasi kereta setelah Jonan melakukan perubahan.

“Di penghujung tahun dan dekade ini mari kita semua mengingat kalau ada masa kelam di awal periode,” tulis @ankertwitter.

Sontak ajakan tersebut direspon positif oleh warganet. Pengguna medsos menyampaikan keluh kesah sebelum Jonan merombak abis perusahaan tersebut.

“Dulu sekitar 2004 ngerasain naik kereta Semarang - Jakarta lebih dari 9 jam. Udah bau ayam, rokok, kamar mandi kotor pula. Sekarang cuma 6 jam doang karena double track + fasilitas yang memadai. jadi bisa pulang kampung tiap saat, gaperlu takut mabok dan minum antimo lagi.” kicau @wiwinnk_.

“Memang banyak orang hebat yang akan terus membangun Indonesia. Dan salah satunya pria ini. Terima kasih Pak!!!” tulis @febyandrian_.

“Sejarah perkeretaapian Indonesia hanya terdiri dari 2 penanda waktu; sebelum Jonan dan sesudah Jonan. #TerimaKasih LordJonan,” puji @taufiqhmasri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai ignasius jonan
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top