Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Microsoft Mendapat Lisensi AS untuk Ekspor Perangkat Lunak ke Huawei

Pemerintah Amerika Serikat memberikan lisensi kepada Microsoft Corp untuk melakukan bisnis dengan Huawei Technologies Co.
Logo Huawei/REUTERS-Edgar Su
Logo Huawei/REUTERS-Edgar Su

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Amerika Serikat memberikan lisensi kepada Microsoft Corp untuk melakukan bisnis dengan Huawei Technologies Co.

Dengan langkah ini, raksasa perangkat lunak tersebut dapat terus menjual sejumlah produknya utamanya kepada perusahaan China yang masuk daftar hitam oleh pemerintah AS awal tahun ini.

"Pada 20 November, Departemen Perdagangan AS mengabulkan permintaan Microsoft untuk mendapat lisensi ekspor perangkat lunak massal ke Huawei," kata perusahaan yang berbasis di Redmond, Washington, dalam sebuah pernyataan, Kamis (21/11/2019).

"Kami menghargai keputusan departemen dalam menanggapi permintaan kami," lanjut mereka, seperti dikutip Bloomberg.

Microsoft masih enggan menguraikan pernyataan tersebut, sehingga masih belum jelas apa definisi dari perangkat lunak massal dalam lisensi tersebut. Microsoft menjual perangkat lunak Windows dan Office ke Huawei.

Pekan ini, Departemen Perdagangan AS mulai memberikan lisensi kepada beberapa perusahaan AS yang menjadi pemasok salah satu produsen smartphone dan peralatan jaringan komputer terbesar di dunia tersebut.

"Kami mendapat sekitar 290 permohonan lisensi spesifik. Saat ini kami mulai mengirimkan surat penolakan 20 hari serta sejumlah surat persetujuan,” ungkap Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross dalam sebuah wawancara dengan Fox Business Network pada hari Selasa.

Pada bulan Mei, AS menambahkan Huawei ke daftar hitam, yang membuat perusahaan asal AS tidak dapat menjual komponen ke ke Huawei, atas tuduhan mengancam keamanan nasional AS. Huawei membantah tuduhan tersebut.

Dimasukkannya Huawei ke dalam daftar hitam membuat perusahaan AS wajib mendapatkan lisensi dari pemerintah untuk menjual ke Huawei. Kebijakan ini telah menekan pendapatan di beberapa perusahaan AS dan menyebarkan kebingungan mengenai apa yang diizinkan dan apa yang tidak.

Presiden Direktur Microsoft Brad Smith mengeluh pada bulan September bahwa AS memperlakukan Huawei secara tidak adil dan menolak untuk menjelaskan mengapa Huawei tidak diperbolehkan membeli teknologi AS, termasuk perangkat lunak Microsoft.

Di sisi lain, sejumlah senator dari kedua partai meminta agar Presiden AS Donald Trump menangguhkan pemberian lisensi kepada perusahaan As.

“Melakukan bisnis dengan Huawei merupakan ancaman serius bagi infrastruktur telekomunikasi AS dan keamanan nasional secara lebih luas," kata anggota parlemen itu.

Mereka juga meminta agar Kongres mendapat laporan yang menguraikan kriteria untuk menentukan apakah setiap lisensi akan menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper