Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi Asean-China 2019

Indonesia kembali menjadi tuan rumah Konferensi CACPPFO (China ASEAN Conference on People to People Friendship OrganizationAsia-China People to People Friendship Organization) yang akan diselenggarakan 10-12 November 2019, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 07 November 2019  |  18:57 WIB
Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi Asean-China 2019
Ilustrasi - Astalog.com

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia kembali menjadi tuan rumah Konferensi CACPPFO (China ASEAN Conference on People to People Friendship OrganizationAsia-China People to People Friendship Organization) yang akan diselenggarakan 10-12 November 2019, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ketua Lembaga kerjasama ekonomi, sosial dan budaya Indonesia-Tiongkok (LIT) Sudrajat menerangkan, Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah CACPPFO yang ketiga pada tahun 2008.

"Konferensi ini dilaksankan setiap dua tahun sekali, dan tahun ini adalah tahun yang ke-12. Indonesia adalah menjadi tuan rumah yang kedua kalinya, kalau dulu tahun 2008," ungkap Sudrajat, Kamis (7/11/2019).

LIT sebagai lembaga yang dibentuk pada tahun 1992 adalah sebagai tonggak sejarah pencairan hubungan diplomatik antara Indonesia dan China. Karena hal tersebut maka, lembaga ini diamanahkan menjadi penyelenggara konferensi tersebut.

Dengan demikian, Sudrajat menyatakan bahwa maksud dari kongres ini, adalah untuk mengambil sikap-sikap, kegiatan-kegiatan dan program dalam rangka mempromosikan hubungan kemasyarakatan di 10 negara Asean dengan China.

"Jadi people to promote, poeple to friendship within Asean and China. Jadi kita mempromosikan hubungan pople to people antara rakyat, Indonesia dengan rakyat Asean plus China," terangnya.

Dalam konferensi tersebut bakal dilakukan pertemuan investasi diberbagai sektor serta pertukaran kesenian dan kebudayaam antar negara.

"Sehingga 11 negara ini, manusianya bukan pemerintahnya, melakukan pengembangan-pengembangan ekonomi dan sosialbudayanya," sebutnya.

Lebih lanjut, konferensi CACPPFO ke-12 itu bakal dihadiri 91 perwakilan dari 11 negara serta ratusan investor dan atau pengusaha dalam dan luar negeri. Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal membuka acara konferensi tingkat internasional tersebut.

"Kita mengharapkan nanti dalam konferensi di Bandung, itu betul-betul bisa menghasilkan kesepakatan bersama untuk apa yang kita kerjakan dua tahun sampai 10 tahun yang akan datang," pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
china, asean

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top