Pameran Lukis Berbahan Kopi Tampilkan Puluhan Sosok Pahlawan

Sebanyak 40 karya lukis berbahan dasar kopi di atas kanvas dipamerkan di Musem Basoeki Abdullah, Jakarta, pada 5-12 November 2019.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 07 November 2019  |  19:32 WIB
Pameran Lukis Berbahan Kopi Tampilkan Puluhan Sosok Pahlawan
Pembukaan pameran lukisan Coffee in Hero oleh Ketua Komunitas Coffee Painter Jan Praba (kiri) dan Kepala Museum Basoeki Abdullah Maeva Salma (kanan), pada Selasa (5/11/2019) di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta. Bisnis - Dionisio Damara

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 40 karya lukis berbahan dasar kopi di atas kanvas dipamerkan di Musem Basoeki Abdullah, Jakarta, pada 5-12 November 2019.

Pameran tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Coffee Painter dengan tema Coffee in Hero. Sebanyak 40 karya yang dipamerkan merupakan gambaran sosok pahlawan Indonesia dengan berbagai latar cerita.

Ketua Komunitas Coffee Painter, Jan Praba, mengatakan bahwa sebanyak 32 seniman yang berpartisipasi diwajibkan melukis satu pahlawan dan tidak boleh sama dengan yang lain. Hal itu disyaratkan agar menghindari pengulangan objek pahlawan dalam pameran.

"Banyak pahlawan nasional yang tidak familier karena kurang publikasi. Dengan cara ini, diharapkan wajah-wajah pahlawan yang tidak populer akan muncul dan dikenal oleh masyarakat," ujarnya.

Selain itu, para pelukis juga diwajibkan untuk benar-benar mengenal sosok pahlawan yang dilukis, agar para seniman lebih mudah menjelaskan jika ada pertanyaan dari pengunjung terkait dengan objek lukisannya.

Ketua Komunitas Coffee Painter Jan Praba dan Kepala Museum Basoeki Abdullah Maeva Salma dalam pembukaan pameran lukis Coffee in Hero.

Sementara itu, Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salma, menyampaikan bahwa pergelaran kolaborasi ini juga dalam rangka menyambut Hari Pahlawan, pada 10 November.

"Menurut saya, pameran ini adalah pameran lukisan wajah pahlawan dengan media kopi di atas kanvas yang pertama dengan peserta terbanyak," kata Salma.

Dia menambahkan, pameran ini juga selaras dengan semboyan presiden pertama Indonesia, Soekarno, yang menyemboyankan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Selain kegiatan pameran, pergelaran ini juga mengadakan lokakarya Melukis Media Kopi yang akan digelar pada 8 November pukul 08.00 WIB dan Artis Talk pada 12 November 2019, pukul 15.00 WIB.

Adapun, dalam acara Artis Talk, para seniman akan berbagi cerita terkait dengan objek lukisan dan alasan pemilihan sosok pahlawan yang dilukiskan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
seni rupa, pameran seni

Editor : Pamuji Tri Nastiti
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top