Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KY Minta Penguatan dalam Revisi UUD 1945

Komisi Yudisial (KY) melakukan roadshow ke kantor wakil presiden untuk memperkuat posisi lembaga penegak kehormatan hakim itu.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 06 November 2019  |  14:10 WIB
Gedung Komisi Yudisial Republik Indonesia, Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih
Gedung Komisi Yudisial Republik Indonesia, Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA -- Komisi Yudisial (KY) melakukan roadshow ke kantor wakil presiden untuk memperkuat posisi lembaga penegak kehormatan hakim itu.

Ketua KY Jaja Ahmad Jayus menuturkan pihaknya mengharapkan posisi komisi yudisial kembali diperkuat. Saat ini keputusan yang dihasilkan KY baru sebatas rekomendasi.


"[Penguatan misalnya] mengenai peran dari KY dalam proses penegakan hukum ke depan, seperti kalau sekarang misal, dalam UU misalnya sifatnya [putusan KY hanya] rekomendasi, kalau bisa nanti bersifat final," kata Jaja di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (6/11/2019).

KY mengharapkan materi penguatan lembaga ini dimasukan ke dalam amandemen Undang-undang dasar (UUD) 1945 yang tengah diwacanakan oleh sejumlah pihak. Jaja berharap Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberi dukungan.

"[Penguatan] dalam proses penegakan hukum di Indonesia dalam rangka menjaga peradilan yang bermartabat, peradilan yang adil, transparan peradilan yang merdeka," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komisi yudisial uud 1945
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top