Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketahuan, Menteri Airlangga Bertemu Kader Golkar di Kantornya

Ketua Umum Partai Golkar, yang juga Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menjadi sasaran kritik. Dia kedapatan bertemu dengan sejumlah kader Golkar di kantor kementerian.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Antara
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar, yang juga Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menjadi sasaran kritik. Dia kedapatan bertemu dengan sejumlah kader Golkar di kantor kementerian.

Politikus Golkar Andi Sinulingga mengatakan Airlangga semestinya tak menggunakan kantor kementerian untuk pertemuan partai.

"Penggunaan fasilitas publik untuk kepentingan yang tidak semestinya memang jadi masalah negara ini," kata Andi kepada wartawan, Rabu (30/10/2019).

Pada Selasa (29/10/2019), Airlangga Hartarto menerima kedatangan sejumlah politikus muda Golkar di kantor Kemenko Perekonomian.

Beberapa yang hadir di antaranya Wakil Ketua Umum Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), organisasi sayap Golkar, Jerry Sambuaga. Jerry juga menjabat Wakil Menteri Perdagangan di Kabinet Presiden Jokowi.

Hadir juga Dyah Roro Esti Widya Putri, anggota DPR yang juga putri  politikus Golkar Satya Yudha.

Dyah mengatakan kedatangan mereka untuk mengantarkan undangan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) AMPI.

Bahas Agenda Golkar

Airlangga Hartarto menyatakan pertemuan itu membahas agenda lain di luar urusan Kemenko Perekonomian. Saat ditanya wartawan mengenai agenda sebagai menko untuk ke depan, dia hanya menjawab, "Agenda Golkar mau?"

Menurut Andi Sinulingga, Airlangga seharusnya meminta mereka datang ke rumah atau Kantor DPP Golkar. Dia berpendapat semestinya Airlangga memberikan edukasi etika politik kepada para kader muda Golkar. 

"Pemimpin harus memberi contoh. Anak-anak muda itu enggak salah, karena disuruh datang ke situ, ya mereka ke situ."

Andi pun meminta ketua umumnya sensitif terhadap persoalan semacam ini. Dia menyinggung bahwa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi saat ini kian menurun. Maka tindakan Airlangga Hartarto bisa membuat kepercayaan publik terhadap pemerintah makin merosot.

"Idealnya, (Airlangga) minta maaf. Begitu akan lebih respect rakyat melihat kita," ucap Andi.

Andi Sinulingga sekubu dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet, penantang Airlangga di Munas Golkar pada Desember 2019. 

Dia pernah menghadiri pertemuan kubu Bamsoet di Hotel Sultan, Jakarta, pada 4 September 2019. Pertemuan dihadiri antara lain oleh Nusron Wahid, Robert J. Kardinal, dan Darul Siska.

Bamsoet tetap mengincar kursi Ketua Umum Golkar meski sudah menjabat Ketua MPR. Semula, jabatan Ketua MPR dibarter dengan pencalonan ketua umum. Tapi, setelah jabatan Ketua MPR di tangan, Bamsoet tak memastikan dirinya bakal mundur dari pencalonan Ketua Umum Golkar.

Dalam sejumlah kesempatan, Bamsoet mengatakan sikapnya atas munas mendatang masih rahasia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper