Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bolak-balik ke Istana, Adian Napitupulu Enggan Jadi Menteri

Bolak-balik ke Istana menjelang pengumuman menteri, membuat banyak spekulasi bahwa Politikus PDIP Adian Napitupulu bakal masuk ke kabinet Jokowi-Ma'ruf.
Adian Napitupulu (nomor 3 dari kiri)/Instagram
Adian Napitupulu (nomor 3 dari kiri)/Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Bolak-balik ke Istana menjelang pengumuman menteri, membuat banyak spekulasi bahwa Politikus PDIP Adian Napitupulu bakal masuk ke kabinet Jokowi-Ma'ruf.

PDIP meluruskan kabar soal kemungkinan Adian menjadi menteri Jokowi.

"Dia tidak bersedia menjadi menteri," ujar Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto lewat pesan singkat pada Jumat (18/10/2019).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil Adian Napitupulu ke Istana Negara pada Kamis (17/10/2019) pagi. Pertemuan dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat ini berlangsung tertutup.

"Numpang ngopi," kata Adian lewat pesan singkat yang diteruskan melalui Staf Adian di DPR, Musyafaur Rahman pada Kamis (17/10/2019).

Sebelumnya, Jokowi juga pernah memanggil Adian ke Istana pada 13 Agustus lalu. Nama Adian santer diisukan bakal menjadi salah satu menteri di Kabinet Jokowi Jilid II.

Diketahui, selama ini Adian cukup dekat dengan Jokowi. Adian juga disebut 'online' alias punya akses langsung ke Jokowi.

Pada pertengahan Juni lalu, Jokowi hadir dalam acara yang digawangi Adian, yakni Halal Bihalal bersama aktivis '98 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Minggu (16/6/2019).

Ketika itu, Jokowi memberi sinyal bahwa para aktivis 1998 memiliki potensi untuk menjadi menteri di kabinet mendatang. Jokowi mengatakan, dirinya banyak mendengar tentang aktivis '98 yang menjadi kepala daerah ataupun anggota parlemen, tapi belum ada pelopor reformasi itu yang menjadi menteri di kabinet.

"Saya mendengar banyak aktivis '98 yang menjadi anggota DPR, kepala daerah, saya lihat di menteri belum. Bisa saja kenapa tidak, dengan kemampuan yang ada, bisa saja," ujar Jokowi saat itu.

Ketika Jokowi berkata demikian, sontak nama politikus PDIP Adian Napitupulu didengung-dengungkan oleh para aktivis '98 yang hadir dalam acara itu.

"Adian, Adian," ujar mereka bersorak.

Mendengar sorakan tersebut, Jokowi langsung merespons bahwa dirinya enggan membocorkan nama aktivis '98 yang dinilai cocok menjadi menteri di kabinet mendatang.

"Saya tidak mau menyebut nama dulu, tadi ada yang bilang Bung Adian, Bung Adian, inisial pun saya enggak mau (sebut)," ujar Jokowi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper