Citra Negatif DPR, Puan Maharani dan La Nyalla

Tiga pimpinan parlemen masing-masing DPR, DPD, dan MPR baru saja dilantik untuk periode 2019-2024. Sebagian besar dari mereka merupakan wajah lama di Senayan kecuali Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), La Nyalla Mattalitti yang lebih dikenal sebagai pengusaha ketimbang politisi.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 08 Oktober 2019  |  09:05 WIB
Citra Negatif DPR, Puan Maharani dan La Nyalla
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mattalitti (kiri) berbincang dengan Wakil Ketua Mahyudin disela sidang paripurna di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (7/10/2019). Rapat paripurna tersebut membahas penetapan alat kelengkapan DPD dan pengesahan keanggotaan alat kelengkapan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga pimpinan parlemen masing-masing DPR, DPD, dan MPR baru saja dilantik untuk periode 2019-2024. Sebagian besar dari mereka merupakan wajah lama di Senayan kecuali Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), La Nyalla Mattalitti yang lebih dikenal sebagai pengusaha ketimbang politisi.

Ketua DPR Puan Maharani pernah memimpin Fraksi PDI Perjuangan di DPR sebelum menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sedangkan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) merupakan mantan Ketua DPR.

Meski ketiga lembaga negara tersebut setara dalam kedudukannya dalam sistem ketatanegaran dengan tugas pokoknya masing-masing, namun disadari atau tidak lembaga DPR lebih  banyak mendapat sorotan akhir-akhir ini.

Buktinya, aksi-aksi demo mahasiswa lebih menyasar para anggota DPR ketimbang anggota DPD yang sama-sama menjadi anggota MPR.

 

Tag : dpr
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top