Ingatkan Pentingnya Gotong Royong, Puan Resmi jabat Ketua DPR Didampingi 4 Wakil

Didampingi empat wakil ketua DPR, Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani resmi dilantik menjadi wanita pertama Ketua DPR RI oleh Ketua Mahkamah Agumg M Hatta Ali hari malam ini.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 01 Oktober 2019  |  21:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Didampingi empat wakil ketua DPR, Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani resmi dilantik menjadi wanita pertama Ketua DPR RI oleh Ketua Mahkamah Agumg M Hatta Ali hari malam ini.

Sebagai Ketua DPR periode 2019-2024, putri Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri itu didampingi masing-masing oleh Aziz Syamsuddin (Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Rachmat Gobel (Nasdem), dan Muhaimin Iskandar (PKB).

Sebelumnya Puan memang sudah disebut-sebut akan memangku jabatan tersebut. Maklum, selain menjadi salah satu peraih suara terbanyak dari daerah pemilihan Jawa Tengah pada Pemilu 2019, dia juga pernah memimpin Fraksi PDIP DPR sebelum menjadi menteri pada Kabinet Kerja Presiden Jokowi.

Dengan dilantiknya Puan, politisi PDIP itu langsung menerima palu pertanda resmi memimpin sidang-sidang di parlemen menggantikan Bambang Soesatyo untuk periode 2019-2024.

Puan pun terlihat percaya diri saat menyampaikan sambutannya di depan sidang perdana anggota DPR di bawah kepemimpinannya. Puan tak lupa menyapa ibunda Megawati Soekarnoputri sebelum menyapa para pimpinan DPR dan anggota DPR yang hadir.

Menurut Pian, DPR perlu membangun semangat kerja bersma dan jiwa gotong royong untuk mengoptimalkan tugas pokok wakil rakyat. Menurutnya, kerja bersama itu harus dilakukan dengan mendengar saran para anggota DPR.

“Hanya dengan semangat gotong royong dan niat yang tulus maka kita dapat menjalankan amanat sebagai wakil rakyat,” ujar Puan saat menyampaikan pidato perdananya di depan para anggota DPR yang dilantik siang tadi.

Tidak hanya Puan yang memecahkan rekor sebagai wanita pertama menjadi ketua DPR, PDIP juga memecahkan rekor sebagai partai pemenang pemilu bertutut-turut dua kali setelah era reformasi.

Sebelumnya partai pemenang pemilu adalah Partai Demokrat dan Partai Golkar masing-masing satu kali. PDIP memenagkan pemilu pada tahun 1999 di awal reformasi sebelum dikalahkan Golkar pada 2004.

Kini salah satu partai tertua di Indonesia itu menempatkan 128 wakilnya di Senayan.

"Bagi PDIP ini merupakan kemenangan kedua berturut-turut sebagai partai pemenang Pemilu dengan 128 anggota yang akan duduk disemua komisi dan AKD DPR," ujar Puan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
puan maharani, ketua dpr

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top