Mahasiswa Demonstrasi, Mendagri Sebut Stabilitas Politik Dalam Negeri Terkendali

Meski aksi unjuk rasa mahasiswa terjadi di sejumlah wilayah, stabilitas politik dalam negeri dipastikan masih aman terkendali.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 September 2019  |  17:43 WIB
Mahasiswa Demonstrasi, Mendagri Sebut Stabilitas Politik Dalam Negeri Terkendali
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA -  Meski aksi unjuk rasa mahasiswa terjadi di sejumlah wilayah, stabilitas politik dalam negeri dipastikan masih aman terkendali. 

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo terkait kondisi di Tanah Air.

“Kami menjamin stabilitas politik di seluruh Indonesia terjaga dengan baik," ujar Mendagri dalam rilis yang diterima di Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Tjahjo mengimbau seluruh elemen bangsa menahan diri dan menghentikan segala tindakan yang melanggar hukum.

Mendagri menegaskan aparatur pemerintahan di daerah wajib menjaga ketenteraman dan keamanan warganya.

Hal itu diungkapkan juga oleh Mendagri saat konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam di Jakarta bersama Menkopolhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kamis.

Ia juga meminta kepala daerah bersama berbagai pihak untuk melakukan pengawasan agar tidak mempercayai informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Mendagri juga mengingatkan kepala daerah mencermati gelagat perkembangan dinamika nasional yang sampai ke daerah.

"Diharapkan seluruh kepala daerah mencermati gelagat perkembangan dan dinamika nasional sampai ke daerah dan segera mengambil langkah untuk menciptakan harmoni, ketenteraman dan ketertiban masyarakat di sekitarnya,"  kata Tjahjo.

Mendagri mengatakan stabilitas kehidupan sosial politik itu harus dijaga bersama dengan berkomunikasi dan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh parpol, tokoh adat, pengusaha, pemuda, siswa dan mahasiswa, guru, dosen serta cendekiawan.

"Kami mohon partisipasi dalam memberikan pendidikan dan wawasan kepada masyarakat di sekitarnya agar hati-hati dalam bersikap dan merespons segala informasi di media sosial yang justru diproduksi oleh kelompok tertentu untuk menimbulkan adu domba atau konflik di masyarakat,” kata Tjahjo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mendagri, demo mahasiswa

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top