IBU KOTA NEGARA : Ini 7 Objek Wisata di Kaltim yang Patut Dikunjungi

Laman Tripadvidor.co.id menyebutkan bahwa ada beberapa tujuan pariwisata alam yang menarik di Kalimantan Timur yang lokasinya berdekatan dengan ibu kota negara baru.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 03 September 2019  |  06:32 WIB
IBU KOTA NEGARA : Ini 7 Objek Wisata di Kaltim yang Patut Dikunjungi
Peta Kalimantan Timur - Repro/Google Maps

Bisnis.com, JAKARTA – Terpilih menjadi ibu kota negara baru Indonesia, Kalimantan Timur memiliki berbagai potensi yang bisa dikembangkan, satu di antaranya untuk pembangunan objek wisata.

Rencananya, pemerintah bakal merampungkan rencana induk ibu kota negara pada 2020 sebelum mulai pusat pemerintahan dipindahkan pada 2025.

Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara yang menjadi titik pusat pembangunan ibu kota negara berdekatan dengan Balikpapan, kota industri Kalimantan Timur. Adapun, ibu kota negara baru juga bisa diakses dengan mudah dari Samarinda.

Hal ini tak hanya membuat Kalimantan Timur potensial untuk dibangun sebagai ibu kota negara, tetapi potensi pariwisatanya juga tak kalah menarik untuk dikembangkan.

Situs Tripadvidor.co.id menyebutkan bahwa ada beberapa tujuan pariwisata alam yang menarik di Kalimantan Timur yang lokasinya berdekatan dengan ibu kota negara baru.

Pertama, wisata alam Bukit Bangkirai. Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara. Bukit Bangkirai bisa dicapai dari Balikpapan dengan menggunakan kendaraan selama 1,5 jam.

Kedua, Sun Bear Education and Conservation Center. Pusat konservasi beruang madu ini berjarak sekitar 23 kilometer dari Balikpapan. Pada 2002, beruang madu diperkenalkan sebagai maskot Balikpapan. Pemerintah daerah juga bekerja sama dengan sejumlah lembaga untuk membangun pusat pendidikan.

Ketiga, Pantai Lamaru. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang ada di Balikpapan dan kawasan ini dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Keempat, Mangrove Center Graha Indah. Kawasan hutan bakau ini memiliki keunikan lantaran tidak jauh dari salah satu perumahan di Balikpapan. Hutan ini dapat dijangkau dengan mudah dari pusat kota dengan menggunakan kendaraan bermotor atau mobil.

Kelima, kampung di atas air. Kampung itu terletak di Balikpapan, di sana pengunjung bisa melihat suasana kehidupan masyarakat Kalimantan yang tinggal di tepi sungai.

Keenam, Pantai Benua Putra. Balikpapan berada di tepi laut sehingga banyak destinasi wisata yang ada di tepi pantai. Pantai yang satu ini berada di Jalan Jenderal Sudirman, salah satu jalan utama di Balikpapan sehingga mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi.

Ketujuh, Pantai Kemala. Pantai ini juga sudah dikelola dengan cukup baik oleh pemda, dengan begitu, di Pantai Kemala pengunjung juga bisa menemukan tempat-tempat untuk sambil makan dan minum. Adapun, pantai lokasinya ini tidak jauh dari Rumah Sakit Bhayangkara Balikpapan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kaltim, destinasi wisata, Ibu Kota Dipindah

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top