Sampaikan Pidato Kenegaran, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Suku Sasak Lombok

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia mencakup Sabang sampai Merauke, Pulau Miangas hingga Pulau Rote.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 16 Agustus 2019  |  11:22 WIB
Sampaikan Pidato Kenegaran, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Suku Sasak Lombok
Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menghadiri Sidang Bersama DPD-MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Ada yang menarik dalam penyampaian Pidato Kenegaraan HUT ke-74 RI Tahun 2019 oleh Presiden Joko Widodo. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara mengenakan baju tradisional Suku Sasak, Lombok.

Saat menyampaikan Pidato Sidang Tahunan MPR Tahun 2019, Presiden Jokowi mengenakan setelan jas berwarna gelap. Namun, ketika menyampaikan Pidato Kenegaraan, dia berganti pakaian dengan baju tradisional Suku Sasak, Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kostum tradisional Jokowi yang didominasi oleh warna coklat keemasan tersebut juga membuat sebagian para peserta sidang bertanya-tanya.

"Tadi banyak yang bertanya kepada saya, pakaian yang saya pakai ini dari daerah mana. Ini pakaian dari [suku] Sasak, Nusa Tenggara Barat," katanya sebelum memulai Pidato Kenegaraan HUT ke-74 RI Tahun 2019, Jumat (16/8/2019).

Sontak, pernyataan Jokowi tersebut langsung disambut oleh tepukan riuh dari para peserta sidang.

Jokowi pun memulai pidatonya dengan menyebut bahwa Indonesia bukan hanya Jakarta. Dia menegaskan Indonesia adalah seluruh pelosok Tanah Air, dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote.

"Karena itulah pembangunan yang kita lakukan harus terus Indonesia sentris yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat," tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top