Presiden Jokowi Tegaskan Pembenahan SDM Jadi Kunci Hadapi Bonus Demografi

Indonesia akan menghadapi puncak bonus demografi pada 2020-2024.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 16 Agustus 2019  |  11:10 WIB
Presiden Jokowi Tegaskan Pembenahan SDM Jadi Kunci Hadapi Bonus Demografi
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo kembali menyatakan pengembangan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) akan menjadi prioritas pemerintah mendatang.

Pasalnya, dia menyebut momentum puncak bonus demografi akan dinikmati Indonesia pada 2020-2024.

"Jika kita lebih fokus mengembangkan kualitas SDM dan menggunakan cara-cara baru, maka saya yakin bonus demografi menjadi bonus lompatan
kemajuan," ujar Presiden dalam Pidato Kenegaraan HUT ke-74 RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Menurutnya, kunci peningkatan kualitas SDM terletak pada penguasaan keterampilan dan ilmu pengetahuan yang tanggap atas perubahan dunia.

"Keterampilan vokasional yang akan dibutuhkan pasar the emerging skills harus sudah dilatih sejak pendidikan menengah," tegas Kepala Negara.

Untuk tingkat pendidikan tinggi, dia meminta Indonesia harus berani mencanangkan target tinggi, yakni SDM lulusan pendidikan tinggi harus kompetitif di tingkat regional dan global.

Guna mencapai hal tersebut, Jokowi menekankan SDM harus kolaboratif dan berjiwa wirausaha. Tak hanya itu, SDM Indonesia harus kompetitif menguasai pekerjaan-pekerjaan baru.

Yang paling penting, lanjutnya, pendidikan harus berakar pada budaya bangsa dengan memperjuangkan kepentingan nasional. Terkait dengan ini, keluarga dan lembaga pendidikan menempati peran sentral dalam pengembangan SDM bangsa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, sdm

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top