Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

DPD Dukung Langkah RI dalam Politik Luar Negeri

Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang menegaskan bahwa lembaga legislatif mendukung politik luar negeri bebas aktif yang dijalankan oleh pemerintah.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 16 Agustus 2019  |  10:33 WIB
Ketua DPD Oesman Sapta Odang (kiri) berbincang dengan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin (kanan) saat melakukan pertemuan di kediaman Oesman Sapta Odang, kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (3/6/2019). - ANTARA/Galih Pradipta
Ketua DPD Oesman Sapta Odang (kiri) berbincang dengan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin (kanan) saat melakukan pertemuan di kediaman Oesman Sapta Odang, kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (3/6/2019). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA–Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang menegaskan bahwa lembaga legislatif mendukung politik luar negeri bebas aktif yang dijalankan oleh pemerintah.

Hal ini disampaikan oleh Oesman dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI.

Pertama-tama, Oesman yang akrab disapa Oso itu mengapresiasi keberhasilan Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB tahun 2019- 2020.

"[Posisi tersebut] harus dapat menjadi alat dalam mewujudkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," ujar Oso, Jumat (16/8/2019).

Selain lembaga eksekutif, lembaga legislatif yakni DPR RI dan DPD RI juga terus menjalankan komunikasi politik dengan parlemen-parlemen sedunia.

"Komunikasi politik tersebut dilakukan melalui forum- forum antarparlemen seperti AIPO, IPU, AIPA dan lain-lain," ujar Oso.

Dalam kesempatan ini pula, Oso juga menyampaikan apresiasi kepada parlemen Rusia yakni Duma yang telah memberikan kesempatan kepada DPD RI untuk berpidato di Duma pada Oktober 2018.

"[Hal ini] sebagaimana yang dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1956," kata Oso.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pidato Kenegaraan
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top