Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mantan Menkeu AS: Ekonomi di Titik Paling Berisiko dalam Dekade Terakhir

Ekonomi Amerika Serikat dan global berada pada titik paling berisiko sejak krisis keuangan global satu dekade lalu di tengah terus meningkatnya ketegangan perdagangan.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 12 Agustus 2019  |  06:23 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonomi Amerika Serikat dan global berada pada titik paling berisiko sejak krisis keuangan global satu dekade lalu di tengah terus meningkatnya ketegangan perdagangan.

Hal ini diungkapkan oleh mantan Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Lawrence Summers pada hari Minggu (11/8/2019) dalam program televisi Fareed Zakaria GPS di CNN.

Dilansir dari Reuters, Summers juga menyebut konflik perdagangan antara China dan AS di bawah Presiden Donald Trump sebagai hal yang sadis dan bodoh.

"Kita telah banyak dirugikan, mulai dari meningkatnya ketidakpastian, berukurangnya investasi, dan pengurangan penciptaan lapangan kerja, demi hal yang sangat mungkin tidak ada manfaatnya," kata Summers.

"Saya tidak berpikir ada pertanyaan bahwa pekerja AS akan menjadi lebih miskin, laba perusahaan-perusahaan AS berkurang, dan ekonomi akan menjadi lebih buruk karena hal yang telah kita lalui ini," kata Summers.

Summers mengatakan bahwa meskipun ada risiko, krisis sebesar perang perdagangan ini yang terlihat selama resesi sebelumnya "akan menjadi kejutan besar."

Selain mantan menteri keuangan, Summers juga pernah menjadi direktur Dewan Ekonomi Nasional pada masa pemerintahan Obama serta mantan kepala ekonom Bank Dunia

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top