Mencari Sinyal Kepastian Pembentukan Ketua Harian PDIP : Untuk Puan atau Prananda?

Hingga Kamis (8/8/2019) pagi, sinyal yang memastikan akan munculnya struktur baru Ketua Harian PDIP masih belum  tertangkap di arena Kongres V partai berlambang banteng moncong putih.
Saeno, Lalu Rahadian
Saeno, Lalu Rahadian - Bisnis.com 08 Agustus 2019  |  10:43 WIB
Mencari Sinyal Kepastian Pembentukan Ketua Harian PDIP : Untuk Puan atau Prananda?
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) didampingi Puan Maharani (kiri) dan Prananda Prabowo (kanan) menerima Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) di kediaman Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7 - 2019).ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, BALI - Hingga Kamis (8/8/2019) pagi, sinyal yang memastikan akan munculnya struktur baru Ketua Harian PDIP masih belum  tertangkap di arena Kongres V partai berlambang banteng moncong putih.

Sebelumnya, dua nama putra dan putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disebut-sebut berpeluang menjadi pemimpin harian meski kebijakan partai tetap berada di tangan Megawati, yang kemungkinan besar akan kembali duduk sebagai ketua umum partai. 

Terkait pembentukan struktur ketua harian dalam kepengurusan partai, Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira menyatakan hal itu  merupakan hak prerogatif ketua umum yang akan dikukuhkan, yakni Megawati Soekarnoputri.

"Belum. Nanti ketua umum diputuskan di kongres. Kalau kemudian ketua umum berpikir bahwa perlu ada [ketua harian], ya prerogatif ketua umum," kata Andreas di lokasi Kongres V PDI Perjuangan di Bali, Kamis (8/8/2019) seperti dikutip Antara.

Andreas mengatakan dalam membentuk ketua harian, Megawati bisa bertanya kepada DPD dan DPP namun bisa juga tidak.

Sebelumnya, wacana pembentukan ketua harian DPP PDIP menguat menyusul wacana penyiapan regenerasi di pucuk kepemimpinan PDI Perjuangan untuk 2024.

Antara menyebutkan nama yang kuat disebut akan menjabat ketua harian adalah putra Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo.

Selain Prananda, putri Megawati yakni Puan Maharani selama ini juga aktif di jajaran pimpinan PDIP.  Tak heran jika muncul pertanyaan akankah posisi ketua harian menjadi pos baru di antara Prananda dan Puan Maharani.

Di sisi lain, sebelum Kongres V berlangsung, sempat berembus kabar bahwa Puan diplot untuk menjadi Ketua DPR RI. Itu sebabnya, sempat pula muncul kabar bahwa Prananda akan masuk dalam jajaran kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Namun, sekali lagi, kepastian soal beragam asumsi di atas masih belum ditemukan. Sinyalnya masih belum ketahuan. Masih abu abu.
Bisa jadi semuanya masih tergantung dinamika yang masih akan berlangsung hingga Kamis malam ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdip

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top