Kongres Nasional V PDIP : Menanti Kejelasan Posisi Puan Maharani dan Prananda Prabowo

Teka-teki mengenai jabatan yang akan dipegang Puan Maharani dan Prananda Prabowo di kepengurusan DPP PDI Perjuangan (PDIP) periode 2019-2024 akan terjawab dalam Kongres Nasional V PDIP.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 07 Agustus 2019  |  16:19 WIB
Kongres Nasional V PDIP : Menanti Kejelasan Posisi Puan Maharani dan Prananda Prabowo
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dan Ketua SC Kongres Nasional V PDIP Djarot Saiful Hidayat menunjukkan materi khusus yang disiapkan Kepala Situation Room PDIP M. Prananda Prabowo untuk peserta Kongres V PDIP dalam konferensi pers di Hotel Grand Inna Bali Beach, Denpasar, Bali, Rabu (7/8/2019). - Bisnis/Lalu Rahadian

Bisnis.com, DENPASAR - Teka-teki mengenai jabatan yang akan dipegang Puan Maharani dan Prananda Prabowo di kepengurusan DPP PDI Perjuangan (PDIP) periode 2019-2024 akan terjawab dalam Kongres Nasional V PDIP.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pertanyaan seputar jabatan untuk Puan dan Prananda akan terjawab di hari kedua Kongres Nasional V PDIP. Puan dan Prananda adalah anak kandung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan cucu Sukarno.

"Itu dijawab pada hari kedua Kongres. Nanti ya dijawab pada hari kedua," ucap Hasto di Hotel Grand Inna Bali Beach, Rabu (7/8/2019).

Puan dan Prananda sempat disebut akan menjabat sebagai Ketua Harian DPP PDIP. Namun, hak prerogatif penentuan struktur DPP PDIP ada di tangan Ketua Umum PDIP.

Pada Kongres V PDIP hampir dipastikan Megawati akan kembali terpilih sebagai Ketua Umum. Rencananya pembahasan mengenai jabatan Ketua Umum akan dilakukan PDIP pada hari pertama Kongres V, Kamis (8/8/2019).

Persoalan regenerasi kepemimpinan di PDIP pasti akan dibahas dalam Kongres V meski Ketua Umum partai itu hampir dipastikan masih dijabat Megawati. Menurut Ketua Steering Committee Kongres V PDIP Djarot Saiful Hidayat, ada komisi khusus yang akan membahas tata kelola partai untuk mengikuti perkembangan jaman.

"Komisi V membahas tata kelola partai yang modern dan ikuti perkembangan zaman, dan kembangkan Partai Digital karena tahun 2024 adalah puncak regenerasi menyeluruh sehingga 70 persen pemilih adalah pemilih muda yakni di bawah 30 tahun," kata Djarot.

Akan ada 5 Komisi yang membahas sejumlah isu di Kongres V PDIP. Komisi pertama adalah Komisi tentang Ideologi dan Trisakti.

Kedua, Komisi tentang Politik Legislasi yang akan membahas fungsi legislasi di bidang anggaran, pengawasan dan kebijakan.

Komisi ketiga akan membahas tentang Kebudayaan.

Kemudian, Komisi keempat membahas Pemilu.

"Karena tahun 2020 kita hadapi pilkada serentak di 270 daerah. PDIP harus siap untuk memenangkan pilkada dengan target kita akan berusaha raih kemenangan di 60 persen," tutur Djarot.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdip

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top