Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LPSK Dukung Polisi Usut Kematian Calon Anggota Paskibra di Tangsel

Rekan korban maupun pihak-pihak lain yang memiliki informasi tentang dugaan penyebab kematian, tidak perlu takut melaporkannya kepada pihak kepolisian.

Kabar24.com, JAKARTA — Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mendukung upaya pihak kepolisian untuk mencari tahu penyebab kematian calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tangerang Selatan Aurellia Quratu Aini, Kamis (1/8/2019) pagi.

Kepada rekan-rekan korban di karantina Parkibraka maupun pihak-pihak lain yang memiliki informasi tentang dugaan penyebab kematian korban, tidak perlu takut melaporkannya kepada pihak kepolisian.

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan bahwa dari informasi yang diperoleh, Polres Tangsel masih mencari tahu penyebab kematian, apakah ada unsur kekerasan pada saat korban mengikuti pelatihan dan pembekalan anggota Paskibraka.

“Kami imbau rekan-rekan korban yang memiliki informasi penting tentang penyebab kematian korban, untuk bekerja sama dan memberikan informasi kepada pihak kepolisian. Tidak perlu takut,” tegas Hasto, Selasa (6/8/2019).

Hasto menjelaskan, pelapor dan/atau saksi yang memberikan keterangan pada penegak hukum guna kepentingan penyelidikan, berhak atas perlindungan, seperti diatur dalam Undang-Undang tentang Perlindungan Saksi dan Korban.

“Jika memang ada potensi ancaman atau intimidasi terhadap para saksi maupun rekan-rekan korban atas apa yang terjadi di pelatihan, laporkan ke LPSK, termasuk bagi pihak keluarga. Kami siap berikan perlindungan,” ujar Hasto.

Menurut Hasto, penting bagi pihak kepolisian untuk mencari tahu penyebab kematian korban agar di masyarakat tidak berkembang praduga-praduga tidak berdasar. Ini juga bertujuan untuk memastikan ada-tidaknya dugaan kekerasan selama digelarnya pelatihan dan pembengkalan bagi calon Paskibraka di Tangerang Selatan.

Sebelumnya, media massa ramai memberitakan kematian Aurellia Quratu Aini, siswi kelas 3 salah satu SMA swasta di Tangerang Selatan yang merupakan anggota Paskibra pembawa baki bendera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper