Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Akan Kunjungi Malaysia Bahas Isu Perbatasan dan Pendidikan Anak TKI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan kunjungan resmi ke Malaysia pada 8-9 Agustus 2019.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 06 Agustus 2019  |  18:48 WIB
Kementerian Luar Negeri menggelar press brifieng mingguan, Jakarta, Selasa (6/8/2019) - Bisnis/Denis Riantiza M
Kementerian Luar Negeri menggelar press brifieng mingguan, Jakarta, Selasa (6/8/2019) - Bisnis/Denis Riantiza M

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan kunjungan resmi ke Malaysia pada 8-9 Agustus 2019.

Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri RI Denny Abdi mengatakan agenda tersebut merupakan kunjungan balasan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad ke Indonesia tahun lalu.

"Ini kunjungan balasan karena Tun Mahathir sendiri begitu dilantik sebagai perdana menteri Malaysia melakukan kunjungan bilateral pertama ke Indonesia. Itu dilakukan Juni 2018," ujar Denny di Kantor Kemenlu RI, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Dalam kunjungan bilateral tersebut, kata Denny, Presiden Jokowi akan membahas dua isu penting. Isu-Isu yang dibahas antara lain, mengenai akses pendidikan anak-anak TKI di Malaysia dan membahas kemajuan negosiasi perbatasan darat dan laut Indonesia dengan Malaysia.

"Kita terus minta akses pendidikan untuk anak-anak pekerja migran Indonesia berupa learning community center. Sejauh ini sudah ada 200 lebih learning community center tersebar di Sabah dan Serawak. Kita juga terus minta akses di Semenanjung Malaysia," kata Denny.

Denny berujar isu yang akan dibahas dalam pertemuan bilateral tidak banyak lantaran keterbatasan waktu. Sedangkan isu-isu lainnya yang lebih kompleks rencananya akan dibahas lebih komprehensif dalam annual consultation tahun ini, yakni sebuah forum pertemuan reguler Indonesia-Malaysia.

Segera setelah menyelesaikan kunjungannya di Malaysia, Presiden Jokowi akan langsung bertolak ke Singapura.

Kunjungan ke Singapura dalam rangka memenuhi undangan acara peringatan kemerdekaan Singapura. Presiden Jokowi diundang bersama Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah dan PM Malaysia Mahathir Mohamad.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi malaysia mahathir mohamad
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top