Aparat Bersenjata Jaga KPK Geledah Ruang Sekda Jabar

Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah ruangan Sekda Jabar Iwa Karniwa di Gedung Sate, Bandung, Rabu (31/7/2019) pagi ini.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 31 Juli 2019  |  10:18 WIB
Aparat Bersenjata Jaga KPK Geledah Ruang Sekda Jabar
Suasana di depan ruangan Sekda Jabar yang tengah digeledah KPK, Rabu (31/7/2019). JIBI/Bisnis - Wisnu Wage Pamungkas

Bisnis.com, BANDUNG - Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah ruangan Sekda Jabar Iwa Karniwa di Gedung Sate, Bandung, Rabu (31/7/2019) pagi ini.

Sejumlah petugas KPK yang dijaga aparat kepolisian saat ini tengah memeriksa ruangan dan dokumen di ruangan yang memiliki 5 ruang,  yakni Ruang Kerja Sekda, Ruangan Sekretaris Pribadi, Ruangan Staf Sekda Jabar serta Ruang Rapat Ciremai.

“Ini lagi berlangsung penggeledahan,” kata salah seorang staf di ruangan Sekda Jabar kepada Bisnis.

Menurutnya ada cukup banyak petugas KPK di dalam. Pemeriksaan berlangsung steril dimana seluruh staf diminta untuk keluar.

Aparat bersenjata menjaga proses penggeledahan tersebut di depan pintu utama Ruangan Sekda Jabar. Belum ada konfirmasi apapun dari pihak petugas KPK terkait penggeledahan yang berlangsung sejak pukul 09.30 WIB.

Iwa sendiri saat ini tengah menjalani cuti besar, tugas sehari-hari sudah diserahkan kepada Plh Sekda Jabar Daud Ahmad.

Sebelumnya, KPK resmi menetapkan Sekda Jabar Iwa Karniwa sebagai tersangka dalam perkara dugaan suap terkait dengan Pembahasan Substansi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Detail tata Ruang Kabupaten Bekasi Tahun 2017.

Iwa diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Pelanggaran tersebut diduga dilakukannya dengan meminta uang untuk pengesahan RDTR terkait pengajuan izin peruntukan penggunaan tanah (IPPT) yang diajukan untuk pembangunan proyek Meikarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
KPK, jawa barat, meikarta

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top