Jemaah Calon Haji 2019 Diminta Bersiap Hadapi Musim Panas di Mekkah

Jemaah calon haji dari Indonesia diimbau untuk menjaga kesehatan dengan baik dan menjaga asupan gizi serta cairan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Juli 2019  |  06:52 WIB
Jemaah Calon Haji 2019 Diminta Bersiap Hadapi Musim Panas di Mekkah
Jemaah melakukan salat Jumat di Masjidil Haram di bawah suhu lebih dari 40 derajat Celcius di Mekkah, Arab Saudi, Jumat (12/7/2019). Jemaah mulai berdatangan dari berbagai negara untuk melaksanakan ibadah haji 1440 Hijriah. - ANTARA FOTO/Hanni Sofia

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan menyatakan para jemaah calon haji tahun ini akan menghadapi musim panas di Mekkah.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi mengimbau para jemaah calon haji untuk menjaga kesehatan dengan baik. Selain itu, mereka juga diminta untuk beristirahat dengan cukup, menjaga perilaku hidup sehat, rajin mencuci tangan, dan makan tepat waktu.

"Makanlah makanan yang bergizi serta perbanyak minum, minimal 200 mililiter (ml) setiap 2 jam," ucapnya dalam sambutannya dalam pemberangkatan 388 Jemaah Calon Haji  Kloter Pertama asal Kota Medan dari Asrama Haji Medan, Jumat (12/7/2019).

Secara keseluruhan, ada 8.641 jemaah calon haji dari Sumatra Utara (Sumut) untuk tahun ini, yang terbagi dalam 22 kloter.

Seperti dilansir dari Antara, Sabtu (13/7), Oscar juga menyampaikan agar para jemaah calon haji saling mempererat tali persaudaraan, sehingga dapat saling menjaga di Tanah Suci. Para jemaah calon haji juga mesti tetap berkoordinasi dengan petugas kesehatan haji yang ada di rombongan haji tersebut.

Pasalnya, para jemaah calon haji dari Indonesia akan bertemu dengan jutaan jemaah haji lainnya dari seluruh dunia. Situasi itu disebut membuat seseorang berisiko mudah tertular penyakit.

"Kita harus bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut," lanjut Oscar.

Dia menambahkan Kemenkes sudah menyediakan berbagai fasilitas termasuk petugas kesehatan haji, dokter spesialis, poliklinik, dan ruang gawat darurat.

Pada pemberangkatan jemaah calon haji kloter pertama dari Medan ini, hadir pula Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumut H.Iwan Zulhami.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kemenkes, Ibadah Haji

Sumber : Antara

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup