Ujian Jalur Mandiri Institut Pertanian Bogor Ditutup Besok

Sejak tahun 2019, Institut Pertanian Bogir (IPB) mulai memberlakukan Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM – BK) sebagai salah satu jalur penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 09 Juli 2019  |  14:03 WIB
Ujian Jalur Mandiri Institut Pertanian Bogor Ditutup Besok
Institut Pertanian Bogor (IPB) - ipb.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak tahun 2019, Institut Pertanian Bogir (IPB) mulai memberlakukan Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM – BK) sebagai salah satu jalur penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri.

Dikutip dari laman admisi.ipb.ac.id, peserta dapat memilih dua metode seleksi yang digunakan yakni menggunakan skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau mengikuti ujian tertulis berbasis computer yang diselenggarakan oleh IPB.

Pendaftaran untuk jalur mandiri ini dibuka mulai 21 Mei hingga 10 Juli besok tepat pada pukul 16.00 WIB dengan mengakses website pendaftaran.admisi.ipb.ac.id.

Pelaksanaan ujian tulis dilakukan pada 13 Juli mendatang di Bogor dengan hasil seleksi akan diumumkan pada 20 Juli 2019 pukul 16.00 WIB.

Persyaratan dan ketentuan Peserta UTM – BK IPB pada tahun ini di antaranya lulusan SMA/MA/SMK IPA tahun 2017, 2018, dan 2019 memilih satu atau dua program studi yang ditawarkan dan memabyar biaya pendaftaran sebesar Rp300.000 untuk peserta Ujian Tulis Mandiri menggunakan skor UTBK atau Rp500.000 untuk peserta UTM yang mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan IPB.

Materi ujian tulis mandiri yang diselenggarakan IPB diantaranya Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) yang meliputi TPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika Dasar serta Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD) meliputi Matematika IPA, Fisika, Kimia dan Biologi.

Sesuai dengan Peraturan Menteri terkait UKT, maka IPB juga menerapkan jalur masuk mandiri berdasarkan penghasilan bruto orang tua. Uang pangkal yang dimaksud mengacu pada Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ipb, sbmptn

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top