Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Empat Orang Utan Dilepasliarkan di Kalimantan Timur

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur bekerja sama dengan Yayasan Penyelamatan Orang utan Borneo (Yayasan BOS) melepasliarkan empat Orang Utan di Hutan Kehje Sewen, Kabupaten Kutai Timur.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh - Bisnis.com 29 Juni 2019  |  14:53 WIB
Orangutan Tapanuli dengan anak kembar - Doc.SOCP
Orangutan Tapanuli dengan anak kembar - Doc.SOCP

Bisnis.com, JAKARTA - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur bekerja sama dengan Yayasan Penyelamatan Orang utan Borneo (Yayasan BOS) melepasliarkan empat Orang Utan di Hutan Kehje Sewen, Kabupaten Kutai Timur.

Adapun, empat orang utan yang dilepasliarkan kali ini telah lama berada di pusat rehabilitasi. Mereka terdiri atas tiga jantan yaitu Komo, Gino, dan Zakir, ditambah satu betina bernama Petak.

Kepala BKSDA Kalimantan Timur, Sunandar Trigunajasa mengatakan dengan dilepaskannya empat Orang Utan tersebut, genap sudah 100 Orang Utan yang dilepasliarkan di Hutan Kehje Sewen sejak tahun 2012.

"Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, namun ini merupakan tanggung jawab kita semua," papar Sunandar seperti dikutip dari keterangan resminya, Sabtu (29/6).

Sejak dilakukan pada 2012, pelepasliaran Orang Utan ini membuat populasi orang utan di konsesi Restorasi Ekosistem Hutan Kehje Sewen seluas 86.450 hektare tersebut menjadi 101 individu. Dengan demikian, Hutan Kehje Sewen mendekati kapasitas maksimal sebagai tempat tinggal Orang Utan yakni sebanyak 150 orang utan.

Tidak hanya langka dan dilindungi, Orang Utan juga dinilai berperan penting dalam ekosistem hutan. Orang Utan dapat membantu menjaga kualitas hutan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orangutan
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top