Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KTT G20 Jepang: Putin Kritik Upaya Turunkan Peran WTO

Upaya untuk menurunkan peran Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) atau untuk menghancurkannya merupakan upaya yang kontra-produktif, ungkap Presiden Rusia Vladimir Putin.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 28 Juni 2019  |  11:17 WIB
KTT G20 Jepang: Putin Kritik Upaya Turunkan Peran WTO
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersalaman dalam KTT para pemimpin G20 di Osaka, Jepang, 28 Juni 2019. - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Upaya untuk menurunkan peran Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) atau untuk menghancurkannya merupakan upaya yang kontra-produktif, ungkap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam pidatonya di pertemuan pemimpin dari negara-negara BRICS di sela KTT G20 di Osaka, Jepang, Putin mengatakan bahwa perdagangan global perlu disesuaikan dengan perkembangan yang ada saat ini.

"Kami menganggap segala upaya untuk menghancurkan WTO atau menurunkan perannya adalah hal yang kontraproduktif," ungkap Putin, seperti dikutip Reuters, Jumat (28/6/2019).

Situasi saat ini dalam ekonomi global mengkhawatirkan, karena perdagangan global merasakan efek proteksionisme dan pembatasan bermotivasi politik, tambahnya.

Pada saat yang sama, Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi menyerukan untuk fokus pada reformasi WTO, karena perkembangan ekonomi global sebagian besar didorong oleh keputusan sepihak dan perselisihan yang dirasakan oleh seluruh sistem.

"Kita harus tetap fokus pada reformasi WTO untuk mencapai pembangunan ekonomi global yang seimbang dan agar pertumbuhan ini terbuka untuk semua orang," ungkapnya.

BRICS adalah sekelompok negara yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Kelima negara tersebut merupakan anggota G20 dan hadir pada KTT G20 di Osaka akhir pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

india vladimir putin KTT G20
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top