Iran: Sanksi AS Tutup Permanen Pintu Diplomasi

Iran menyatakan bahwa penerapan sanksi terhadap pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, dan pejabat tinggi lainnya telah menutup pintu diplomasi antara Teheran dan Washington.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 25 Juni 2019  |  12:08 WIB
Iran: Sanksi AS Tutup Permanen Pintu Diplomasi
Bendera Iran - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Iran menyatakan bahwa penerapan sanksi terhadap pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, dan pejabat tinggi lainnya telah menutup pintu diplomasi antara Teheran dan Washington.

Pernyataan itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi melalui akun Twitternya seperti dikutip Reuters, Selasa (25/6/2019).

"Memberlakukan sanksi yang tidak berguna pada pemimpin tertinggi Iran (Ayatollah Ali Khamenei dan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif) adalah penutupan permanen jalur diplomasi," ujar Mousavi.

"Pemerintahan putus asa Trump, menghancurkan mekanisme internasional yang telah mapan untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia," lanjutnya.

Adapun Amerika Serikat menjatuhkan sanksi pembekuan aset terhadap pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei dan para pejabat tinggi lainnya. Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa sanksi itu sebagian merupakan respons atas penghancuran drone AS oleh Iran pada pekan lalu.

Washington menyatakan juga akan memberlakukan sanksi serupa terhadap Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif pekan ini.

Ketegangan AS-Iran memuncak setelah Iran menembak jatuh pesawat mata-mata AS pekan lalu. Jatuhnya pesawat tak berawak AS terjadi setelah serangkaian serangan terhadap tanker di jalur pelayaran Teluk yang padat. AS menuduh Iran sebagai pelaku peledakan kapal tersebut sehingga memperburuk hubungan yang sudah tegang antara kedua negara.

Iran telah membantah bertanggung jawab atas serangan-serangan itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
iran, amerika serikat, Donald Trump

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup