Pemilik Merek Gucci ingin Perkuat Bisnis E-Commerce

Pemilik merek Gucci serta sederet merek mewah lainnya, Kering, ingin memperkuat cengkramannya di operasional e-commerce.
Pemilik Merek Gucci ingin Perkuat Bisnis E-Commerce
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 07 Juni 2019  |  16:32 WIB
Pemilik Merek Gucci ingin Perkuat Bisnis E-Commerce
Logo Gucci - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Pemilik merek Gucci serta sederet merek mewah lainnya, Kering, ingin memperkuat cengkramannya di operasional e-commerce.

Berdasarkan informasi yang dikutip melalui Reuters, Jumat (7/6/2019), kelompok usaha pemilik merek mewah saat ini tengah berinvestasi besar-besaran ke dalam bentuk e-commerce. Langkah tersebut ditempuh sambil bekerja mempertahankan sebanyak mungkin kendali distribusi dan harga sebanyak mungkin.

Kering telah mengatakan akan merebut kembali kendali operasional situs untuk merek-merek seperti Balenciaga dan Alexander McQueen yang telah dikembangkan oleh Yoox Ne-A-Porter (YNAP). Saat ini, YNAP dikuasi oleh saingan Kering, Richemont.

Adapun, usaha patungan antara Kering dan YNAP akan berakhir pada kuartal II/2020. Hal itu diungkapkan oleh Kering's digital officer Gregory Boutte, Jumat (7/6/2019), waktu setempat.

Sejalan dengan upaya meningkatkan penjualan dan margin, Kering ingin mengubah lebih banyak kolaborasinya dengan pengecer multimerek pihak ketiga seperti Farfetch atau Matchesfashion.com menjadi konsesi daring. Dengan demikian, perusahaan akan mengontrol segala sesuatu mulai dari jenis produk hingga presentasi.

"Setiap kali kami beralih dari grosir ke konsesi, kami melihat kenaikan penghasilan utama kami secara material," kata Boutte dikutip melalui Reuters, Jumat (7/6/2019).

Dia menambahkan bahwa Kering tidak menentang grosir. Oleh karena itu, perusahaan tidak berencana untuk mengakhiri hubungannya dengan pihak ketiga sama sekali.

Kering tidak membeberkan berapa banyak dana yang digelontorkan untuk memperluas operasional e-commerce. Akan tetapi, tim digital perusahaan telah berkembang dari empat orang pada 2017 menjadi 80 saat ini.

Total penjualan daring Kering mencapai 9,4% dari pendapatan 2018. Jumlah itu termasuk bisnis penjualan daring melalui pihak ketiga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gucci, e-commerce

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top