Eratkan Kerja Sama Strategis, China dan Rusia Kian Mesra

Hubungan bilateral antara Rusia dan China semakin erat setelah kedua negara sepakat menjalin kemitraan strategis.
Eratkan Kerja Sama Strategis, China dan Rusia Kian Mesra Newswire | 06 Juni 2019 13:18 WIB
Eratkan Kerja Sama Strategis, China dan Rusia Kian Mesra
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping - scmp.com

Bisnis.com, Moskow – Hubungan bilateral antara Rusia dan China semakin erat setelah kedua negara sepakat menjalin kemitraan strategis.

Keputusan itu disepakati saat Presiden China Xi Jinping  berkunjung ke Rusia untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu (5/6/2019).

Kedua pemimpin sepakat untuk mempertahankan hubungan baik kedua negara serta kerja sama yang saling menguntungkan.

Dilansir Antara, Kamis (6/6/2019), Presiden Xi mengatakan China dan Rusia telah memainkan peranan aktif di kancah internasional dan pemerintahan global, juga memberikan sumbangan penting dalam menjaga perdamaian, stabilitas, dan keadilan dunia.

Dia mencatat bahwa hubungan diplomatik China-Rusia tahun ini telah mencapai 70 tahun, yang merupakan tonggak sejarah sekaligus titik awal baru.

Xi berharap China dan Rusia memajukan kerja sama ekonomi dan perdagangan, mendorong kerja sama pada proyek strategis utama, meningkatkan kerja sama pada tingkat daerah serta pada bidang investasi, energi, teknologi, kedirgantaraan, keterhubungan, pertanian serta keuangan.

Presiden Putin mengatakan negaranya bertekad untuk memperdalam kerja sama dengan China dalam bidang ekonomi dan perdagangan, pertanian, keuangan, ilmu pengetahuan, teknologi, perlindungan lingkungan, telekomunikasi, dan pengembangan prasarana.

Rusia siap menyediakan pasokan minyak dan gas bagi China serta mengekspor lebih banyak kedelai dan produk-produk pertanian lain ke China.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
china

Editor : Galih Kurniawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top