Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bamsoet: Waspadai Penumpang Gelap dalam 'Aksi Kedaulatan Rakyat'

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengingatkan kepada para pengunjuk rasa ‘aksi kedaulaan rakyat’ agar mewaspadai adanya penumpang gelap atau penyusup,
Ketua DPR Bambang Soesatyo (kanan). /Antara
Ketua DPR Bambang Soesatyo (kanan). /Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengingatkan kepada para pengunjuk rasa  ‘aksi kedaulaan rakyat’ agar mewaspadai adanya penumpang gelap atau penyusup.

Menurut Bamsoet para penumpang gelap mauun penyusup hanya akan memanfaatkan situasi unjuk rasa untuk menciptakan ‘martir’.

Karena itu politisi Partai Golkar itu meminta semua pihak agar selaian waspada juga mengutamakan kepentingan yang lebih besar, yakni keutuhan bangsa. Tidak perlu lagi ada berbagai agitasi maupun propaganda yang menghasut permusuhan diantara rakyat, ujarnya dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (22/5/2019).

“Para elite politik maupun para tokoh bangsa harus mampu menjaga suasana teduh, jangan malah menambah keruh suasana,” ujarnya.

Kepada aparat keamaman di apangan, dia mengimbau agar bisa menahan diri dan tidak terprovokasi oleh pengunjuk rasa.  Karena memang itulah target mereka para penumpang gelap yang menyusup di tengah-tengah aksi masa, katanya.

“Memancing aparat marah dan bertindak anarkis sehingga menimbulkan chaos,” katanya.

Menurutnya, walau dalam kondisi lelah, aparat keamanan harus tetap humanis namun tegas dalam menegakan peraturan dan perundang-undangan terkait penanganan ketertiban umum dan keamanan negara.

“Kepada semua elemen yang berunjuk rasa, mari kita hormati hasil akhir rekapitulasi Pemilu oleh KPU,” katanya.

Pada bagian lain Bamsoet juga memberikan apresiasi kepada sikap kenegarawanan Prabowo Subianto yang telah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan menghimbau para pendukungnya agar tetap tenang dan menempuh jalur konstitusi.

“Begitu juga saya menyampaikan rasa hormat kepada sikap kenegarawanan Ketua Umum PAN dan Ketua Umum Partai Demokrat yang secara terang menyampaikan menerima keputusan hasil akhir rekapitulasi Pemilu oleh KPU,” katanya.

Menurutnya, jika ada pihak-pihak yang merasa tidak puas, silahkan menempuh jalur mekanisme hukum melalui gugatan pemilu ke Mahkamah Konstitusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper