Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Eggi Sudjana, Akankah Amien Rais Penuhi Panggilan Polisi?

Polisi menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais sebagai saksi dalam kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana hari ini, Senin (20/5/2019).
JIBI
JIBI - Bisnis.com 20 Mei 2019  |  08:30 WIB
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memberikan kesaksian dalam sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (4/4/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memberikan kesaksian dalam sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (4/4/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Polisi menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais sebagai saksi dalam kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana hari ini, Senin (20/5/2019).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan Amien rencananya dimintai keterangan pagi ini.

"Agendanya jam 10," kata Argo saat dikonfirmasi, Minggu (19/5/2019),

Meski begitu, Argo belum dapat memastikan kehadiran pembina di Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga itu lantaran belum mendapat konfirmasi.

Sebelum memanggil Amien Rais, polisi telah memanggil Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zen pada Kamis (16/5/2019).

 Kala itu, Kivlan mengaku dimintai keterangan soal kejadian saat Eggi menyerukan people power dan pertemuan untuk membahas aksi di Bawaslu pada 10 Mei lalu. Usai pemeriksaan sebagai saksi Eggi, Kivlan meminta orang-orang yang satu pemikiran dengan dia tetap tenang mengikuti proses hukum yang berlaku.

Adapun polisi telah menahan Eggi Sudjana sejak Senin(13/5/2019).

Politikus PAN yang juga penggiat di kelompok PA 212 itu ditetapkan sebagai tersangka makar karena menyerukan rakyat turun ke jalan atau people power terkait hasil Pilpres 2019. Polisi mengusut setelah menerima dua laporan yang masing-masing datang ke Mabes Polri dan Polda Metro Jaya.

Sehari sebelum pemeriksaan Kivlan, politikus PDIP S. Dewi Ambarwati alias Dewi Tanjung juga melaporkan Amies Rais ke Polda Metro Jaya. Dasarnya sama seperti ketika dia mengadukan Eggi Sudjana, yakni seruan 'people power' bagi massa pendukung capres Prabowo Subianto terkait hasil Pilpres 2019.

Seruan itu dianggap percobaan makar dan karenanya meresahkan masyarakat.

"Itu orasinya Bapak Amien Rais di depan Komisi Pemilihan Umum (KPU)," ujar Dewi di Polda Metro Jaya.

Dewi merujuk orasi Amien Rais dalam Aksi 313 di depan kantor KPU Pusat, Jakarta Pusat, 31 Maret 2019.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai amanat nasional eggi sudjana amien rais Makar

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top