Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KBRI : Tak Ada Korban WNI dalam Teror Bom Bus Wisata di Mesir

Tidak ada WNI menjadi korban serangan teror bom terhadap bus wisata di jalan dekat Piramida Giza, Kairo pada Minggu (19/5/2019) yang sedikitnya telah melukai 12 wisatawan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi memastikan, tidak ada WNI menjadi korban serangan teror bom terhadap bus wisata di jalan dekat Piramida Giza, Kairo, Minggu (19/5/2019) yang sedikitnya telah melukai 12 wisatawan. 


 "Berdasarkan pemantauan KBRI Kairo dan pelacakan melalui sumber keamanan Mesir, Alhamdulillah sejauh ini diperoleh informasi tak ada WNI yang menjadi korban serangan tersebut," kata Dubes Helmy dalam keterangan resmi, Senin (20/5/2019).


Sebuah serangan bom yang ditanam pinggir jalan dekat lokasi Grand Museum Mesir di wilayah Giza, Kairo Mesir menyasar sebuah bus wisata yang membawa 25 turis asing. 


Berdasarkan penelusuran KBRI Kairo diperoleh keterangan bahwa serangan ini menggunakan bahan peledak berskala ringan dan menyebabkan 7 warga negara Afrika Selatan dan 10 warga negara Mesir mengalami luka-luka terkena dampak ledakan dan pecahan kaca jendela bus wisata tersebut.


Hingga rilis ini dibuat, tidak ada informasi mengenai jatuhnya korban jiwa.


Berkaitan dengan terjadinya serangan bom tersebut, KBRI Kairo kembali mengeluarkan himbauan kepada seluruh warga negara Indonesia di Mesir untuk meningkatkan kewaspadaan, dan menghindari daerah rawan serta kerumunan masa.


Kepada WNI yang melakukan kunjungan wisata ke Mesir diimbau untuk lapor diri melalui aplikasi safe travel. Sementara bagi WNI yang yang akan melakukan kunjungan atau melintasi wilayah Sinai diminta untuk memastikan agar bus wisata yang digunakan mendapat pengawalan dari pihak keamanan Mesir.


Aplikasi Safe Travel merupakan aplikasi yang dapat diunduh oleh telepon genggam berbasis Android ataupun IOS dan diluncurkan Kementerian Luar Negeri RI pada 2017 guna meningkatkan perlindungan WNI di luar negeri. 


Dalam aplikasi tersebut, WNI yang menemui masalah di negara tujuan dapat langsung menekan tombol darurat yang otomatis mengirimkan data lokasi tempat kejadian perkara ke Perwakilan RI di wilayah tersebut.

Selain itu, aplikasi Safe Travel juga memuat informasi lengkap mengenai tingkat keamanan 180 negara di dunia, restoran, tempat ibadah, objek wisata, kurs mata uang, pelaporan paspor hilang, lapor diri, dan alamat Perwakilan RI di negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper