Ini Arti Nama Unik Putra Meghan Markle-Pangeran Harry

Meghan Markle dan Pangeran Harry baru saja mengungkapkan nama yang unik untuk putra pertama mereka. Ternyata nama itu menyimpan makna mendalam bagi pasangan ini.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 09 Mei 2019  |  06:09 WIB
Ini Arti Nama Unik Putra Meghan Markle-Pangeran Harry
Putra pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle ketika diperkenalkan kepada awak media di Windsor Castle - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Meghan Markle dan Pangeran Harry baru saja mengungkapkan nama putra pertama mereka. Ketimbang memilih nama yang tradisional, Meghan dan Harry lebih menyukai nama yang tidak biasa untuk si buah hati.

Setelah untuk pertama kalinya memperlihatkan anak mereka ke hadapan dunia dan Ratu Elizabeth II pada Rabu (8/5/2019), pasangan yang sedang disorot ini mengumumkan nama anak mereka yakni Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Ternyata nama itu menyimpan makna mendalam bagi keduanya.

Menurut nameberry.com, Archie adalah nama bocah lelaki asal Jerman yang berarti 'sangat berani'. Archie menjadi nama ke-18 paling populer untuk anak laki-laki di Inggris dan Wales pada 2017, menurut Kantor Statistik Nasional Inggris.

Ada spekulasi bahwa nama itu adalah nama resmi dari nama panggilan Archibald, tetapi baik Meghan dan Harry belum mengkonfirmasinya. Almarhum ibunda Pangeran Harry, Putri Diana, sendiri diketahui memiliki leluhur bernama Archibald Campbell.

Nama Archie juga mungkin memiliki arti khusus untuk keluarga kerajaan.

Pada Januari 2019, seorang wanita mengungkapkan kepada surat kabar Inggris The Sun pernah bertemu dengan putra sulung Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran George, sedang bermain-main di lingkungan rumahnya.

Yang mengejutkan, saat ia menanyakan siapa Pangeran George, bocah berusia 5 tahun itu menjawab jika ia dipanggil dengan nama “Archie”.

“Ini adalah pilihan [nama] yang paling tidak biasa, tetapi saya tidak terkejut karena saya telah mengatakan bahwa mereka akan memikirkan nama yang tidak biasa,” tutur sejarawan kerajaan Inggris, Marlene Koenig, kepada E! News.

“Tidak ada yang bernama Archie atau Archibald dalam keluarga [kerajaan]. Saya telah berulang kali mengatakan bahwa orang tua yang bukan bangsawan tampaknya memiliki lebih banyak ruang dan kebebasan [untuk memilih nama berbeda],” lanjutnya.

Sementara itu, Harrison secara harfiah adalah nama anak laki-laki di Inggris. Aslinya, nama ini berarti 'putra Harry'.

Adapun nama belakang Mountbatten-Windsor diketahui merupakan nama terakhir dari keturunan garis Ratu Elizabeth II yang tidak memiliki gelar kerajaan.

Nama belakang ini juga merupakan kombinasi dari nama keluarga sang Ratu dan suaminya, Pangeran Philip. Pangeran William telah menggunakan nama belakang itu, selain Pangeran Andrew dan Putri Anne.

Sebelum nama putra pertama Meghan dan Harry diumumkan, banyak yang meramalkan pasangan terkenal itu akan memilih nama seperti Arthur, Alexander, atau Albert.

Pangeran William dan Kate Middleton memberikan nama yang telah digunakan oleh keluarga kerajaan Inggris selama beberapa abad terakhir untuk ketiga anak mereka.

Jika kemudian Meghan dan Pangeran Harry memilih untuk melanggar tradisi kerajaan, ini bukanlah hal pertama yang mereka lakukan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pangeran harry dan meghan markle

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top