Wapres JK : Besok, Pemilih Diharapkan Datang ke TPS Lebih Awal

Para pemilik hak suara diharapkan datang lebih awal ke tempat pemungutan suara guna menghindari antrean.
Anggara Pernando | 16 April 2019 17:51 WIB
Warga secara swadaya membuat tempat pemungutan suara (TPS) di Kampoeng Pemilu Nusantara, Depok, Jawa Barat, Selasa (16/4/2019). Menjelang pencoblosan, panitia dan warga membuat TPS bernuansa Kampung Nusantara yang bertujuan mengajak masyarakat agar tertarik menggunakan hak pilih pada pemilu serentak 17 April 2019. - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA -- Para pemilik hak suara diharapkan datang lebih awal ke tempat pemungutan suara guna menghindari antrean.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan pemilihan umum (Pemilu) 2019 lebih memakan waktu ketika menyalurkan hak pilih. Berdasarkan simulasi setiap orang akan membutuhkan waktu 12 hingga 15 menit. 

"Jadi memang dianjurkan untuk lebih cepat," kata Jusuf Kalla (JK) di Istana Wakil Presiden, Selasa (16/4/2019).

Menurut JK secara mekanisme Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memangkas jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada setiap TPS menjadi maksimal 300 orang. Upaya ini diharapkan membuat pemilihan dapat berlangsung lancar. 

Upaya ini berbeda dengan kondisi penyelenggaraan Pemilu di luar negeri. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat era Presiden Megawati ini menyebutkan terjadinya kekisruhan di beberapa wilayah di luar negeri akibat kondisi yang di luar rencana.

"Masalah di luar negeri misalnya karena kurang TPS. Banyak pemilih yang datang bawa paspor. Jadi banyak yang tidak terencana. Kalau di dalam negeri, mau pindah [TPS] sudah diatur sebelumnya. Di luar negeri itu banyak orang yang tidak mendaftar [kemudian datang dan menjadi pemilih tambahan]. TPS-nya juga tidak banyak semua berkumpul di konsulat, kedutaan," kata JK.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemungutan suara, Wapres JK, Pilpres 2019

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup